penyebab bau tidak sedap pada vagina yaitu:



1. Penyakit Menular Seksual (PSM)

Beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan bau vagina yang kuat adalah jenis penyakit menular seksual seperti trikomoniasis.
Dalam waktu seminggu setelah terkena PSM ,gejalanya bisa berkembang dan akibatnya bisa memburuk sehingga harus menjalani pengobatan.
Penyebab bau pada VaginaGejala yang disertai bau vagina yang disebabkan oleh penyakit menular seksual yaitu, gejala mirip flu, iritasi vagina, sekret vagina abnormal, nyeri saat buang air kecil atau lesi kulit vagina.
Wanita yang mendapati gejala-gejala diatas sehubungan dengan bau vagina yang kuat harus segera konsultasi ke dokter dengan segera.


2. Infeksi pada Vagina
Pertumbuhan jamur atau bakteri alamiah secara berlebih merupakan penyebab dari infeksi vagina. Bau vagina yang buruk disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur dan bakteri.
Keputihan adalah hal yang terjadi akibat infeksi jamur pada vagina yang dapat menimbulkan bau yang kuat. Bakteri vaginosis dapat menciptakan keputihan yang berlimpah dan menjadikan perubahan warna dari cairan vagina,akan menimbulkan bau yang kuat seperti bau ikan.
Memberikan antibiotik atau antijamur yang sesuai maka gejala bau vagina yang disebabkan oleh infeksi vagina bisa diobati.

3. Gejala Kanker Serviks
Penyebab bau vagina yang kuat biasanya juga disebabkan oleh adanya sel kanker leher rahim. Gejala kanker serviks yaitu timbulnya cairan encer yang menimbulkan bau busuk.
Disarankan untuk segera mencari perawatan dokter segera bagi wanita yang mendapati bau vagina yang kuat, yang disertai nyeri panggul atau perdarahan vagina yang tidak teratur.


4. Kebersihan vagina kurang
Penyebab bau vagina yang kuat bisa disebabkanoleh kebersihan vagina yang buruk. Daerah yang hangat dan lembab seperti vagina biasa ditempati sebagai tempat pertumbuhan yang berlebihan dari bakteri patogen.
Cara untuk mengatasi gejala bau vagina bisa dilakukan dengan membersihkan wilayah luar vagina dengan air atau sabun. Wanita jangan sampai lupa mengambil tampon dari vaginanya karena bisa menyebabkan bau vagina yang buruk.