Beberapa waktu yang lalu sempat kita bahas sedikit mengenai imunisasi secara umum. Sekarang akan kita bahas penyakit yang dapat membahayakan bila kita tidak melakukan imunisasi tersebut. Pada kesempatan ini akan kita bahas mengenai TBC.
TBC atau Tuberkulosis, biasanya disebut penyakit paru-paru, adalah penyakit yang sangat menular. Penularan penyakit ini bisa melalui pernafasan, percikan ludah sewaktu batuk, bersin, bercakap-cakap, dan melalui udara yang mengandung kuman TBC (karena meludah sembarangan). TBC ini amat berbahaya, virus ini dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, kerusakan tulang, cacat mental dan kelumpuhan karena kerusakan otak.
Penyakit TBC ini dapat dicegah dengan imunisasi BCG. Imunisasi ini diberikan melalui suntikan di daerah lengan bagian atas (intrakutan). Sebaiknya imunisasi ini diberikan sedini mungkin, sehingga biasanya diberikan pada hari-hari pertama bayi setelah dilahirkan. Untuk mengetahui bayi atau anak menderita TBC atau tidak dapat dilakukan melalui tes Tuberkulin (tes Mantoux atau PPD)
Imunisasi BCG ini perlu diulang pada saat anak berumur 5 tahun, 10 tahun dan bila diperlukan lagi (bila hasil tes tuberkulin negatif atau tidak ada kekebalan terhadap TBC)