Beberapa hari ini anak ku memang kelihatan agak kurang sabar dan pemarah. dikit-dikit teriak ..minta ini..minta itu...harus cepat dan kalau nggak cepat dia akan nangis. Walah....nih anak turun siapa yah...kayaknya aku dulu waktu kecil nggak seperti itu. Pasti ini turun dari bundanya..he..he..he...(membela diri).

Iseng-iseng aku nanya sama eyangnya : " Eyang nih zidan kok gampang marah dan nggak mau sabar sih...apa aku dulu waktu kecil juga kayak gitu...?" ( berharap jawabannya "tidak")
teryata eyang menjawab:" Betul itu...wong kamu dulu waktu kecil juga kayak gitu..."
Walah...ternyata turun dari aku ya...

Memang kalau dilihat dari usianya yg 4 tahun ....kayaknya masih wajar bila mempunyai sifat demkian. Tapi aku nggak mau kalau sifat buruknya itu nanti kebawa sampai besar. Bisa bahaya tuh....

Nah ini ada sedikit tips untuk mengatasi anak yang kurang sabaran. Ini sudah aku praktekkan sendiri. Waktu itu anakku minta es krim dan harus dibelikan saat itu juga. Namun aku jelaskan bahwa kalau kamu mau bersabar...nanti akan dapat es krim yang lebih banyak dan lebih mudah. Si anak memang nangis luar biasa...sampai sesenggukan. Tapi aku tetap tak bergeming. Akhirnya anak ini aku ajak ke suatu tempat...sambil mengalihkan pembicaraan sedikit-sedikit. Dan diselingin cerita tentang seorang anak harus sabar...manut sama orang tua....pasti akan jadi anak baik. Kalau baik...nanti bisa masuk surga...dan seterusnya.

Al hasil...si anak mulai diam dan mau mendengarkan nasehat.

Ternyata ke ajaiban datang. Nggak seberapa lama...ada tukang es krim yang lewat. Lebih murah dan enak. Akhirnya aku belikan aja dia...es krim tersebut. Sambil menasehati kalau kita mau bersabar...tentu akan mendapat lebih baik dan lebih enak lagi.