Sering kali bayi menangis dan rewel di malam hari pada saat si bayi sudah mulai mengantuk, kadang kala kita sebagai seorang perempuan yang baru menjadi seorang ibu, tidak menyadari dan memahami apa penyebab bayi kita menjadi sangat rewel kalau sudah mulai mengantuk. Agar bayi kita bisa tidur pules dan tidak gelisah berikut adalah tips agar bayi merasa nyaman pada saat tidur:

Buatlah jadwal jam tidur yang tepat, jangan terlalu sore dan jangan pula terlalu malam. Biasakan mengajak bayi tidur antara jam 19.30 sampai jam 20.30, kalau sudah lewat jam 20.30 bayi biasanya akan susah di ajak untuk tidur karena si bayi sudah merasa terlalu capek dan lelah.
Pastikan ruangan kamar tempat bayi tidur sudah dirapikan dengan baik dan pasanglah lampu agak remang-remang karena terlalu terang bayi akan merasa tidak nyaman.
Perhatikan pakaian atau baju yang digunakan pada saat bayi akan tidur, kalau cuaca sedang dingin maka memakai baju hangat atau baju yang berlengan panjang akan memberikan rasa nyaman pada bayi. Pada saat cuaca sedang panas hendaknya gunakan baju yang agak tipis dan bisa menyerap keringat.
Pastikan bayi dalam keadaan kenyang sebelum tertidur, karena kalau bayi lapar maka dia akan sulit untuk tidur dan akan merasa gelisah bahkan akan sering terbangun di malam hari.
Kalau bayi masih minum ASI akan lebih baik kalau bayi ditidurkan berdekatan dengan kita sambil diberikan ASI. Karena kalau bayi tidur di dekat kita bayi akan merasa lebih nyaman ketimbang bayi tidur sendiri di dalam box atau di kamar sendirian.
Mudah-mudahan bisa membantu ya, kalau bayinya tidur pules maka bisa dipastikan kita sebagai ibu juga bisa beristirahat dengan teratur. Beristirahat yang cukup bagi ibu menyusui akan berpengaruh terhadap kadar produksi ASI kita.