Meninabobokan bayi agar bisa cepat tidur memang gampang-gampang susah, terutama bagi yang baru menjadi ayah dan ibu baru. Dibutuhkan kasih sayang dan kesabaran untuk menghadapi tingkah laku pada saat tidur. Berikut ini diberikan beberapa tips untuk menjaga agar balita anda tidur dengan nyenyak.

Redam Suasana Bising
Tempatkan bayi di kamar tidur yang nyaman dan bisa meredam semua suara bising yang ada di luar kamar. Jika kamar tidur berdampingan dengan ruang televisi, kecilkan volume televisi dan hidupkan kipas angin di dalam kamar karena nada suara kipas angin yang monoton dapat mengalahkan semua suara bising di luar. Ingat, jangan biarkan bayi terpapar oleh angin kipas angin secara langsung agar bayi tidak sakit.

Atur Cahaya lampu Kamar Menjadi Lebih Temaram
Kurangi kontrasnya cahay lampu kamar, usahakan menjadi remang-remang karena cahaya yang kontras dapat mengganggu bayi. Ini bisa dilakukan dengan menutupi bola lampu dengan kertas atau dengan penutup bola lampu yang banyak dijual di minimarket.

Atur Suhu Ruangan
Caranya, ventilasi rumah jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Namun ini juga bisa disiasati. Jika ventilasi terlalu sedikit, suhu udara di malam hari bisa tinggi dan mengundang bayi anda untuk berkeringat. Hidupkan kipas angin untuk memperlancar sirkulasi udara tapi jangan biarkan bayi terpapar langsung angin dari kipas angin. Jika ventilasi udara di kamar terlalu banyak, udara malam yang dingin dari luar lebih mempengaruhi suhu udara kamar. Untuk kondisi ini, jangan hidupkan kipas angin dan berikan bayi selimut yang tebal. Namun jika si bayi tidak suka diselimuti, berikan bayi baju dengan lengan panjang dan celana yang panjang serta kaus kaki agar suhu dingin tidak terlalu mengganggu tidurnya. Namun pada suhu dingin yang ekstrim, dekap bayi pada saat tidur, tapi ingat jangan sampai anda menindih bayi anda pada saat tidur.

Timang atau Goyang Bayi Anda
Timangan yang tenang dan santai bisa membuat bayi rileks dan tertidur. Kebanyakan bayi suka ditimang sambil berdiri. Jika anda malas goyuanglah sambil duduk di kursi goyang

Kenakan diapers pada saat tidur
Hal yang paling mengganggu tidur bayi adalah basah karena ngompol. Untuk mengantisipasi hal ini, pakaikan diapers pada bayi pada saat tidur sehingga bisa lebih tidur dengan nyenyak. Pilih diapers yang sesuai dengan berat tubuh bayi.