Alhamdullilah sebentar lagi kita akan merayakan hari raya idul fitri, seperti tahun lalu tahun ini pun kami akan silaturahmi ke rumah orang tua di Bandung. Saya ingin berbagi tips untuk bunda-bunda yang akan membawa anaknya melakukan perjalanan jauh karena dari pengalaman saya tidak mudah untuk anak merasa nyaman apabila melakukan perjalanan jauh.
berikut tips dari saya :
1. Setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung usia dan faktor lainnya. Persiapkan tas khusus untuk setiap anak dan pastikan tas tersebut ada di samping anak kita. Tas tersebut dapat kita isi dengan buku bacaan, buku tulis, crayon, mainan favoritnya atau alat musik.

2. Siapkan makanan ringan dan minuman yang cukup untuk anak kita agar perjalanan tidak terhenti karena anak kita menginginkan makanan atau minuman tertentu di jalan.

3. Siapkan selimut, bantal dan guling favorit anak untuk mempermudah anak tidur di perjalanan.

4. Ajak anak kita untuk melakukan aktifitas agar tidak bosan dalam perjalanan seperti melakukan permainan tebak mobil atau nama-nama benda yang ada dijalan atau menyanyi jadi siapkan juga cd music favorit anak.

5. Jangan lupa ajak anak kita buang air terlebih dahulu sebelum perjalanan dan ingatkan anak untuk memberitahu kita kalo dia butuh buang air.

6. Selalu sedia tissue basah dan tissue kering serta beberapa kantung plastik bekas. tissue basah bisa menjadi penyelamat bila tangan anak kotor terkena makanan atau jok mobil terkena tumpahan makanan/minuman.