Perkembangan otak seorang anak bisa dipengaruhi oleh pengalaman dan latihan yang telah diterimanya. Hal ini bisa diperolehnya dari suara, sentuhan, rasa dan bau yang merangsang koneksi sel otak dan menciptakan triliun bahkan lebih sel yang tumbuh dan berkembang di dalam otaknya. Orangtua dapat memberikan anak stimulasi dini dan berbagai kegiatan, untuk merangsang kecerdasan anak.

Berikut Tips nya :



1. Hubungan cinta dan interaksi yang terbentuk antara orangtua dan anak memberikan dasar untuk keterampilan berpikir anak menjadi lebih tinggi. Ini merupakan salah satu tips membuat anak kita cerdas.



2. Berkomunikasi dengan anak (berbicara & mendengar) . Dengan sering berkomunikasi, anak akan bisa lebih memahami apa yang orangtua bicarakan kepada mereka. Ini memperkuat usaha mereka untuk berkomunikasi dan untuk bahasanya. orangtua juga dapat membacakan cerita atau buku. Ini juga bisa membuat kemampuan bahasa anak berkembang, dan menumbuhkan minatnya untuk membaca, dan belajar.



3. Mendukung anak untuk bermain. Melalui permainan, atau saat anak memainkan sebuah mainan, mereka menciptakan dasar bagi keterampilan intelektual, sosial, fisik dan emosional, bahkan ketika anak bermain dengan anak-anak lain, sebenarnya mereka sedang belajar untuk menggabungkan ide-ide, kesan dan perasaan dengan orang lain.



4. Mendukung anak untuk latihan fisik maupun musik. Dengan latihan fisik, anak dapat menjadi lebih kuat. Olahraga selain membuat anak sehat juga bisa melancarkan aliran darah ke otak dan membangun sel-sel otak baru. Latihan yang baik bisa membuat anak mempunyai ketajaman pemikiran untuk jangka panjang. Mendengarkan musik juga dapat membantu meningkatkan memori, perhatian, motivasi dan belajar anak.



5. Ajak anak untuk melihat dan memperhatikan hal-hal cerdas atau kreatifitas yang orangtua lakukan. Misalnya memperhatikan orangtua merajut, membuat design, mengedit foto, memainkan musik, bernyanyi atau menulis buku.

. Anak-anak belajar dengan perilaku orang tuanya atau orang dewasa di sekelilingnya. Anak-anak mudah meniru dengan melihat apa yang orangtua atau orang dewasa disekitarnya.



6. Berikan anak makanan yang halal, baik dan bergizi.





Semoga bermanfaat :)


Copyright:http://www.facebook.com/notes/dunia-ibu-dan-anak/tips-merangsang-kecerdasan-anak/123617187731111?ref=nf