# Kurangi frekuensi menyusui. Car aini biasanya akan menurunkan produksi ASI. Jika ASI tinggal sedikit, umumnya anak pun tidak mau menyusu lagi, karena rasanya juga sudah tidak seenak biasanya.
# Tidur terpisah. Balita mau tak mau belajar menahan diri untuk tidak menyusu di malan hari. Dalam hal ini perlu kerja sama ayah seperti menemani tidur, agar balita tidak rewel ketika pisah dengan ibunya.
# Siapkan makanan atau minuman pengganti. Ketika balit ahaus dan minta disusui, alihkan dengan memberi minuman dan/atau makanan pengganti, yang disukainya. Di malam hari, siapkan dulu minuman pengganti di sisi tempat tidurnya.
# Ajak bicara. Sekalipun masih kecil, sedikit-sedikit balita bis amengerti maksud kita, asalkan dijelaskan dengan bahasa sederhana dan lemah lembut.
# Teguhkan hati. Jika niat sudah bulat, jangan luluh oleh rengekan balita yang terus minta ASI lagi. Anda mesti disiplin. Jangan sampai hari pertama dan kedua berhasil, di hari ketiga Anda menyerah tidak tega, dan program penyapihan pun gagal. Tunjukkan pada balita, sekalipun tidak lagi mendapat ASI. Tapi ia masih tetap mendapatkan kasih sayang yang besar dari ayah dan bundanya.
# Balita tidak sakit. Jangan sapih jika balita dalam keadaan kurang sehat. Saat itu balita masih butuh menyusu sebagai rasa aman. Tunggu dulu sampai dia sembuh.