Pengolahan yang bagus membuat nutrisi dan kandungan vitamin dalam makanan tetap terjaga dengan baik. Simak beberapa tipe pengolahan makanan untuk si kecil dan mana yang paling bagus untuk menjaga kandungan nutrisi dan vitaminnya.

1. Mengukus

Makanan menjadi matang karena uap air panas yang keluar dari air mendidih, pengolahan dengan cara mengukus adalah cara paling baik untuk menjaga nutrisi dan vitamin makanan tetap di dalamnya. Air mendidih sisa dari mengukus juga dapat dimanfaatkan sebagai pengencer pure si kecil.

2. Merebus

Merebus atau memasak makanan dengan memasukkannya ke dalam larutan air mendidih selama beberapa waktu memang banyak digunakan oleh Mommies di Indonesia. Tetapi cara ini membuat banyak vitamin B dan C yang larut dalam air ikutan hilang. Supaya tidak terlalu banyak kehilangan nutrisi, sebaiknya merebus dengan air secukupnya dan tidak terlalu lama, sampai bahan makanan matang dan tidak berlebihan. Air rebusan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai kaldu atau pengencer pure si kecil.

3. Stewing

Pengolahan makanan dengan cara memasak makanan dengan sedikit air saja, kemudian tutup tempat pengolahan makanan, masak dengan api kecil dan biarkan sampai melunak. Air tidak sebanyak seperti merebus, kandungan nutrisi lebih tidak banyak hilang jika dibandingkan dengan merebus.

4. Memanggang

Memanggang juga merupakan solusi bagus untuk menjaga kandungan nutrisi tetap terjada di dalam makanan si kecil. Makanan seperti ubi atau kentang bisa dimasak dengan cara ini, dan dianjurkan untuk memanggang makanan dalam wadah yang tertutup.

5. Slow cooking

Memasak dalam jangka waktu yang cukup lama antara 6-8 jam, bisa untuk memasak pure bayi dengan menggunakan slow cooker.

6. Menggunakan microwave

Memasak dengan microwave memang lebih praktis dan cepat, tapi hanya bisa dilakukan dalam porsi yang kecil dan juga kandungan gizi beresiko banyak yang hilang. Tambahkan sedikit air pada makanan yang dimasak, kemudian tutup dan masak sampai makanan matang dan lunak.