Salah satu cara merawat kulit bayi adalah mengganti popok si kecil sesering mungkin. Ketika popok sudah terlalu basah dan kotor, Bunda sebaiknya segera mengganti popok si kecil agar kulitnya tidak teriritasi. Tapi ketika sedang bepergian dengan si kecil, mengganti popok sering jadi hal yang merepotkan, apalagi kalau Bunda tidak yakin dengan kebersihan tempat ganti popok umum. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan ketika Bunda harus mengganti popok si kecil di tempat umum:

1. Siap dengan alas ganti popok atau perlak berukuran besar
Bunda tidak pernah bisa tahu kondisi nursery room atau ruang tempat ganti popok di tempat yang Bunda tuju. Untuk berjaga-jaga kalau Bunda harus mengganti popok di tempat yang tidak terlalu bersih, bersiaplah dengan alas ganti popok yang cukup besar sehingga si kecil bisa berbaring di atas alas tersebut.

2. Membersihkan tempat ganti popok sebelum digunakan
Selalu siapkan tisu disinfektan untuk membersihkan tempat ganti popok sebelum digunakan.

3. Buang popok bekas pakai dengan hati-hati
Tidak semua nursery room atau ruang ganti popok di tempat umum memiliki tempat sampah. Karena itu, bawalah selalu plastik ekstra saat bepergian untuk menyimpan popok bekas pakai. Lalu, buang popok beserta plastiknya ketika Bunda sudah menemukan tempat sampah.

4. Selalu mencuci tangan
Tidak peduli betapa buru-burunya Bunda, jangan pernah lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok si kecil. Kalau tempat ganti popok tidak memiliki wastafel atau tempat untuk mencuci tangan, Bunda bisa membersihkan tangan dengan gel pencuci tangan berbahan dasar alkohol.

5. Cuci tas bayi secara rutin
Tas bayi sangat penting untuk membawa segala perlengkapan bayi yang dibutuhkan Bunda dan si kecil saat bepergian. Karena itu, demi menjaga kebersihan perlengkapan bayi, tas bayi sebaiknya dicuci dengan rutin, terutama bila tas bayi sering digunakan untuk menyimpan popok bekas pakai.

Bunda memang tidak bisa selalu menjamin kebersihan tempat umum yang Bunda gunakan untuk mengganti popok si kecil. Tapi dengan persiapan yang tepat, Bunda bisa mengatasi hambatan masalah kebersihan itu dengan mudah.