Jaman sekarang memang agak sulit untuk menglarang anak berbuat hal yang kurang baik, sehingga dapat menimbulkan kebiasaan-kebiasaan buruk, mungkin salah satunya adalah menonton TV.
Biasanya ada beberapa penyebab mengapa anak kita terlalu sering hadir didepan TV, diantaranya :
1. tidak ada kegiatan lain yang harus dilakukan dirumah.oleh karenanya mereka menyibukan diri dengan menonton tv
2. tidak ada teman main,itu sebabnya tv menjadi teman atau sahabat bagi anak-anak yang tidak mempunyai teman main
3.karena TV bersifat praktis, artinya anak tidak perlu repot-repot tuk mendapatkan kesenangannya. tinggal nyalakan powernya, ambil remotnya trus pencet deh chanel yang diinginkan. mudah kan, ini menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak, terutama yang tidak memiliki teman main atau kegiatan didalam rumah.

Untuk itulah orang tua harus berfikir kreativ agar anak tidak terus menerus mengalihkan perhatiannya ke layar kaca. tentunya dengan cara-cara yang halus yang dapat dimengerti untuk seusia mereka.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:
1. Bunda harus menciptakan kegiatan-kegiatan yang lebih menarik dari pesona tv, misalnya: bermain bersama, berkebun, membaca buku cerita, beres-beres rumah bersama sambil main, mencuci sepedanya atau mobil-mobilannya, memasak, dll
2. Berikan alternatif menonton acara TV, misal dengan VCD atau DVD. itupun harus dengan aturan main yang kita buat, jangan biarkan anak sepanjang hari memutar DVD atau VCD tsb.misalnya hanya sampai 2-3 jam sehari.
Semoga bermanfaat ya bunda.....:-)