Bunda , Melatih bicara anak sejak dini akan membantu kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan lingkungan. Setiap apapun yang dikatakan oleh orang tua, akan tersimpan di memori otak anak, dan suatu saat si anak akan meniru apa yang dia perolehnya, baik itu yang diajarkan orang tua maupun oleh orang-orang disekitarnya , So selalu Gunakanlah kata2 yg baik dan ini Tips untuk mengajarkan si kecil bicara:
Ajaklah Si Kecil berbicara sesering mungkin, sejak dini, walaupun sebenarnya mereka belum waktunya berbicara.
Berbicara dengan anak menggunakan suara yang lembut, karena anak lebih suka dengan suara yang lembut.
Hindarkan berbicara kata kasar dan buruk di depan anak. Karena apa yang Anda ucapkan akan tersimpan di memori otak anak. Suatu saat kata-kata itu akan ditiru oleh Si Kecil.
Selain Bunda mengajak bicara Si kecil sesering mungkin, dengarkan juga apa yang diucapkannya meskipun kata-katanya belum begitu jelas. Lalu berilah respon terhadap apa yang dia katakan. Hal ini akan membuat si anak senang untuk berbicara.
Jangan menyalahkan apa yang dia katakan. Ulangi apa yang disampaikan meskipun salah dengan kata yang benar dan berulang-ulang.
Ajak Si Kecil berbicara sambil memakai pempers, sambil bermain ataupun sambil berjalan-jalan dengan anak. Kombinasi waktu berbicara dengan anak membuat anak tidak bosan dan lebih menyenangkan buat anak.
Lihat respon Si Kecil saat diajak berbicara. Jika ia masih memperhatikan Bunda , maka Bunda dapat terus mengajak Sikecil untuk berbicara. Tetapi kalau Si kecil tidak lagi memperhatikan Bunda dan mulai mengalihkan perhatian, maka sebaiknya Bunda menghentikan untuk sementara waktu berbicara dengan anak, untuk diulang lagi di lain waktu. Mungkin anak mulai bosan, jangan dipaksakan.

Selamat Mencoba!!