Meski kemampuan mengingat anak lima tahun sempurna setelah ia memasuki usia sekolah kelak, Anda dapat membantunya mengurangi lupanya, diantaranya:

* Anda dapat memecah tugas kompleks menjadi beberapa tugas yang lebih kecil.
* Membiasakan anak dengan rutinitas. Misalnya, segera setelah makan malam, minta anak menyiapkan segala keperluan yang harus dibawa atau digunakannya besok. Misalnya, tas sekolah dan buku-bukunya.
* Anda juga dapat menanyakan apa yang dilakukannya di sekolah hari itu, segera setelah ia pulang sekolah. Cara ini membantunya mengingat apa yang diperintahkan gurunya.
* Anak juga perlu belajar mengorganisasikan diri. Misalnya, dengan mengelompokkan benda-benda yang dimilikinya ke dalam kotak-kotak khusus untuk memudahkannya menemukan kembali mainannya. Sebab, mengorganisasi dengan baik merupakan strategi untuk membantu diri sendiri memasukkan informasi ke dalam ingatan jangka panjang.
* Untuk membantunya mengingat informasi, Anda dapat memberikan informasi dengan mengulang-ngulangnya. Strategi mengingat yang dikenal dengan nama rehearsal ini juga akan membantu anak dalam mengingat.