Anak SMP adalah anak dalam rentang usia remaja dan masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Biasanya aktifitas saat anak tumbuh remaja akan semakin meningkat baik secara fisik ataupun mental. Dengan demikian, anak SMP boleh dikatakan identik dengan remaja, sehingga kebutuhan gizi anak SMP tentu saja berbeda dengan kebutuhan gizi anak di luar kategori tersebut.

Kebutuhan vitamin untuk anak SMP pun berbeda dengan kebutuhan vitamin untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Hal ini karena anak SMP sedang dalam proses pertumbuhan yang penting yang membutuhkan asupan gizi dari makanan secara baik agar anak SMP tumbuh sehat lahir-batin, cerdas, dan bernas yang diharapkan dapat menjadi generasi penerus bangsa Indonesia tercinta ini.

Anak SMP juga tidak selayaknya menjadi keyword busuk di mesin pencari, harta karun raksasa milik om Google ini, karena anak SMP adalah bibit yang harus dipelihara dengan baik agar jiwa raga anak SMP sehat selalu. Doooohhh…sedih juga pas lihat hasil pencarian dengan keyword anak SMP, tapi lumayan lah setelah ada inisiatif yang baik dari komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru untuk menyapu anak SMP yang bandel di laman om Google. Alhamdulillah konten positif anak SMP sudah mulai bermunculan di sana, namun tampaknya si om dan anak SMP belum pulih benar, jadi memang para blogger harus rajin menyapu, dan gerakan bang Attayaya dan Blogger Bertuah ini perlu didukung komunitas blogger seluruh Indonesia untuk bersama-sama bergandengan tangan mengkampanyekan anak SMP sehat sama seperti halnya Internet sehat.

Meski saya telat mengikuti gerakan menyapu dari komunitas Blogger Bertuah ini, tapi saya sudah terlanjur bawa sapu…hehehe…maka saya ikut menyapu aja deh…meskipun sapu saya masih imut, tapi tak apalah…semua ini demi kesehatan anak SMP yang sedang beranjak dewasa yang menjadi harapan bangsa yang saya dedikasikan dengan menuliskan Tips memilih makanan sehat untuk anak SMP. Lagian, menurut bang Atta di official website Bertuah, gerakan menyapu ini tidak ada matinya. Jadi, saya nekat jadi petugas kebersihan kota blogspot ini untuk bermain-main di halaman rumah si om dan berharap si Anak SMP cepat sehat.

Jadi, intinya anak SMP itu memang perlu diperhatikan segala-galanya: makanan anak SMP, kesehatan anak SMP, serta bersihnya jiwa raga anak SMP.

Dalam memilih makanan untuk anak SMP, yang menjadi aturan umum tentu saja bahwa anak SMP adalah anak remaja yang sedang tumbuh, jadi butuh zat gizi yang terbaik untuk menunjang pertumbuhan badan, tulang dan gigi serta kecerdasan otak. Berikut ini Tips memilih makanan untuk anak SMP:

1. Berilah anak SMP Anda sarapan pagi secara teratur sebelum berangkat ke sekolah atau lebih tepatnya menunaikan aktivitas hari itu. Makanan sarapan pagi yang tepat untuk anak SMP adalah makanan yang menjamin kandungan gizi yang komplit yang terdiri dari vitamin dan mineral untuk menunjang pertumbuhan, yang erdiri dari Karbohidrat, Lemak dan Protein. Makan pagi juga baik untuk menjaga kestabilan gula darah sehingga hal ini harus juga menjadi fokus perhatian ibu dari anak SMP.
2. Pastikan anak SMP makan siang dengan makanan komplit tinggi serat, tingi protein, vitamin dan mineral yang kesemuanya ini berfungsi sebagai bahan bakar aktivitas anak SMP di hari tersebut.
3. Jangan lupa di malam hari semua anggota keluarga berkumpul untuk menjalin keakraban antara semuanya di meja makan dalam helat makan malam. Hal ini penting sekali bagi anak SMP yang masih remaja ini untuk mendapatkan kehangatan dan kenyaman berlindung dari ayah, ibu dan seluruh anggota keluarga Dengan makan malam bersama ini, orang tua sekaligus dapat memaksimalkan waktu untuk mengamati perkembangan anak SMP mereka, maklum saja masa remaja anak SMP merupakan masa pancaroba seorang makluk insani yang apabila kita lengah maka akan berakibat timbulnya kenakalan remaja.
4. Untuk semua makanan yang disajikan tersebut tentu saja dipilih makanan yang baik mutunya agar kandungan gizi yang kita harapkan masih baik untuk tubuh kita.
5. Jika anak SMP lagi ngadat makan, bolehlah sesekali mengajak anak SMP makan malam di luar dengan memperhitungkan faktor kemampuan keluarga agar proses pengawalan tumbuh kembang anak SMP dapat juga menyehatkan seluruh keluarga.