Hidung bayi akan terlihat kotor terutama saat pilek. Dan biasanya hidung akan terlihat berlendir.


Menghisap hidung

Secara traditional beberapa orang tua membersihkan hidung bayi dengan cara menyedot kotoran hidung bayi menggunakan mulut. Para pakar tidak semua berpendapat dnegan cara ini, ada yg pro dan kontra. Bila akan melakukannya pastikan ayah/ bunda tidak sedang sakit semisal flu karena khawatir akan menularkan penyakitnya pada bayi. Caranya , tutup sebelah hidung dengan jari, lalu hisap sebelahnya. Jangan sekali-kali menghisap dua lubang sekaligus , karena berbahaya , lender dapat naik ke telinga tengah, sehingga menyebabkan infeksi telinga tengah. (Cara ini banyak resiko ya bun?)



Kapas bertangkai

Cara kedua dengan menggunakan kapas bertangkai yg dibasahi. Cara ini pun sebenarnya tidak semua ahli sependapat . Kalau orang tua ingin melakukannya, pastikan kotoran sudah tampak di tepi cuping hidung. Jangan coba membersihkan atau mengorek2 kotoran yg berada dalam hidung , karena tindakan itu justru akan mendorong kotoran makin ke tengah. Tapi kalau kotoran sudah terlihat , basahi kapas bertangkai dengan air hangat, angkat kotoran tsb dengan lembut.



Bawa ke Dokter

Kalau bayi menderita flu berat, dimana hidungnya selalu meler, tak ada cara lain kecuali membawanya ke Dokter. Yang harus dilakukan adalah menyembuhkan penyakitnya dulu, bukan sekedar membersihkan lendir yg keluar dari hidungnya. Biasanya oleh Dokter akan digunakan alat berupa aspirator hidung bayi untuk membersihkan kotoran hidungnya.