Tips Membangkitkan Nafsu Makan Si Kecil

- Gantilah menu makanan si kecil setiap hari untuk menghindari kebosanan makan. Misalnya dengan memvariasikan jenis karbohidratnya, nasi bisa diganti kentang, roti, makaronu, ataupun sereal.

- Buatlah menu makanan dalam potongan bentuk yang lucu dan unik, supaya si kecil tertarik untuk mencobanya. Misalnya cetaklah wortel atau labu dengan bentuk bulan ataupun hati.

- Lebih berani membuat menu makanan dengan variasi rasa dan tekstur yang berbeda setiap harinya. Rasa makanan juga akan menentukan ketertarikan anak pada makanan.

- Sajikan makanan pada tempat atau wadah dengan bentuk yang menarik. Misalnya dengan menggunakan piring yang berbentuk hati atau bunga, gelas dan sendok yang bermotif karakter kartun tertentu ataupun bunga-bunga.

- Jangan berikan si kecil cemilan ringan beberapa saat sebelum makan besar, karena ia akan merasa kenyang lebih dulu dan membuatnya malas untuk makan besar.

- Ajak si kecil makan bersama anggota keluarga lainnya. Dengan begitu si kecil akan lebih bersemangat makan karena banyak yang menemaninya, merasa diakui keberadaannya dan bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.

Source: www.livestrong.com