untuk melatih bayi pandai bicara.

* Banyak berbicara sejak dini. Misalnya, saat sedang menggantikan popok. Sebutkan secara verbal, langkah-langkah yang Anda lakukan. “Ibu buka popoknya dulu ya, lalu mengambil kapas bersih” … dan seterusnya.
* Menjawab dengan bahasa bayi. Seolah Anda memahami apa yang dikatakannya dan melakukan dialog dengan suara yang sama seperti yang keluar dari mulut mungilnya. Si kecil pasti senang melihat respon Anda.
* Menyimak kata-kata si “orator” cilik. Menyimak berarti menyisihkan waktu untuk mendengarkan kata-kata baru yang diucapkan si kecil sambil menatap matanya. Ini membuat si kecil senang belajar kata-kata baru dan merasa didukung. Beri respon, misalnya menjelaskan hal yang keliru diungkapkan si kecil, tapi tak perlu mengoreksi secara langsung.
* Tidak sekali-sekali menyalahkan kekeliruan si kecil. Ulangi saja kata-kata yang diungkapkan si kecil dengan cara yang benar. Tak perlu membesar-besarkan kesalahannya. Bantu saja ia mengenali kesalahan dan perlihatkan cara mengucapkan atau mengungkapkan secara benar.