Jaman sekarang berbeda dengan jaman ibu kita dahulu. Sebelum beberapa 10 tahun terakhir, mungkin anak-anak masih banyak dimanjakan dengan film anak, acara kreatif, permainan tradisional, taman bermain dan sebagainya. Saat ini, kesemua hal itu sangat terbatas.

Anak-anak kita kekurangan lagu untuk anak, tempat bermain, film yang cocok dan bahkan terlena oleh gadget. Saat kita menggunakan ponsel maupun komputer, tanpa sadar anak kita memperhatikan perilaku tersebut. Nah, supaya anak-anak dan balita tidak salah dalam berperilaku, kita bisa melakukan tips ini saat menggunakan gadget.

1. Selipkan foto benda hidup atau benda mati

Selipkan foto binatang lucu, bunga, foto keluarga atau benda-benda yang familiar dengan kehidupan si kecil. Saat kita sedang menggunakan gadget dan mereka ingin mendekat, luangkan waktu sejenak untuk memperlihatkan gambar-gambar tersebut dan mengenalkan pengetahuan baru pada mereka.

2. Hindari Tampak Terlalu Lama Atau Terlalu Sering Gunakan Gadget di Depan Anak

Meski jaman sekarang semua serba canggih, hindari menggunakan gadget di depan anak terlalu lama. Pastikan Anda punya perhatian lebih banyak pada anak sehingga anak tidak belajar perilaku berlama-lama di depan gadget canggih. Hindari juga perilaku makan sambil menggunakan ponsel atau duduk di depan computer.

3. Tidak Perlu Membelikan Gadget Canggih Terlalu Dini Untuk Anak

Sebenarnya tidak ada salahnya, hanya saja anak belum benar-benar membutuhkannya. Hal ini bisa berdampak di masa depan karena ia kehilangan masa kecil yang seharusnya bermain dan belajar, tapi malah tersita oleh sebuah gadget. Selain itu, bijak membelikan gadget juga akan menghindarkan anak dari resiko kriminal seperti perampokan karena anak kecil belum mampu untuk melindungi dirinya sendiri.

Gunakan gadget dengan bijak. Selain baik untuk kesehatan dan perhatian Anda, juga bagus untuk menunjang tumbuh kembang anak Anda.