Musim liburan sekolah telah tiba, dan saatnya Bunda beserta keluarga berekreasi bersama. Namun ada hal yang harus Bunda perhatikan saat mengajak si kecil berkendara untuk menempuh tujuan perjalanan. Apalagi bila si adik yang masih bayi ikut juga. nah, apa saja yang perlu diperhatikan? Simak tipsnya berikut ini.

1. Bila Bunda mengajak bayi disarankan menggunakan car seat selama perjalanan. Dengan car seat dapat melatih kemandirian bayi karena dapat duduk sendiri, tidak hanya itu car seat juga membuat bayi merasa nyaman selama perjalanan. Jangan lupa pastikan jenis car seat yang Bunda pakai sesuai dengan usia bayi karena ada 3 jenis car seat, yaitu Infant car seat untuk usia 0-1 tahun, Toddler car seat untuk usia 1-4 tahun dan Young children car seat untuk usia 4-8 tahun.

2. Memangku atau menggendong mereka nampaknya menjadi pilihan yang cukup baik, namun sebaiknya duduk di kursi karena lengan orang dewasa tidak cukup kuat untuk menahan anak saat terjadi tabrakan, dan bobot orang dewasa dapat menekan anak kecil atau bayi.

3. Pastikan power window selalu dalam keadaan terkunci jika si kecil ada dalam kendaraan. Power window juga bisa mengakibatkan cedera serius untuk jari maupun tangan si kecil . Laranglah ia untuk main dengan power window.

4. Bunda dapat membacakan mainan favorit si kecil. Putar DVD kesukaannya di head restrain bila ada. Dengan begitu jika ia bosan perhatiannya dapat teralihkan.


Sumber: infobunda.com