Email dan jejaring sosial bisa sangat mudah menjadi media bagi para pelaku kejahatan cyber. Hati-hati dan terus wasdapa dalam menggunakan kedua situs tersebut. Cermati segala aktivitas Anda saat menggunakannya, agar bisa melakukan pencegahannya sehingga tidak terjebak dalam perangkapnya.

Yang harus Anda ketahui mengenai email.

* Boleh saja menghapus email tanpa membukanya lebih dulu. Jika Anda tidak mengenal pengirimnya, atau tidak mengerti subyeknya, boleh saja menghapus pesan tersebut. Hal ini akan melindungi Anda agar tidak masuk ke dalam perangkap.
* Jika terdapat kesalahan tulis dan tata bahasa yang buruk, mungkin saja itu berasal dari orang jahat. Jika pesan itu penuh dengan salah tulis kata, menggunakan tata bahasa yang membingungkan, atau berisi simbol dari alfabet lain, kemungkinan adalah email illegal. Hapus saja!

Mengarungi jejaring sosial dan media.

* Mengkonfirmasi bukan hal buruk. Bukankah aneh jika teman SMU yang sama sekali tidak pernah berbicara dengan Anda tiba-tiba memposting totally hot and sexy video di wall Anda? Boleh saja mengirim konfirmasi dengan sebuah pesan singkat kepadanya, untuk sekedar menanyakan kabar. Karena ada kemungkinan, akun tersebut telah dicuri/dibajak. Dengan konfirmasi, Anda mungkin bisa menjadi pahlwan karena memperingatkannya akan kemungkinan sebuah masalah besar sejak awal!
* Jika Anda tidak mengenal mereka, jangan meng-add mereka. Pernahkan Anda menerima friend request dari orang yang sama sekali tidak dikenal, namun berdasarkan profilenya, Anda dan dia memiliki beberapa teman yang sama? Pernahkan Anda langsung menerima permintaan tersebut? Hentikan! Spammer dan scammer merajalela di jejaring sosial dengan alasan yang sangat serius bahwa mereka tahu sepertinya kita akan lebih mudah percaya jika berhubungan dengan teman kita.
* Perhatikan link tersebut! Penjahat cyber sangat paham bahwa yang harus mereka lakukan agar virus, trojan, dan malware mereka berhasil masuk ke dalam komputer Anda adalah dengan menarik Anda untuk mengklik link yang tersedia. Maka mereka menjanjikan Anda video lucu dan nakal, gambar-gambar porno dengan harapan Anda akan mengkliknya, atau lebih bagus lagi, mengunduh (download) mereka. Popularitas situs micro-blogging membuat hal tersebut sesuatu yang benar-benar baru. Scammer menggunakan situs pemendek link untuk menyamarkan alamat-alamat web menakutkan yang kita tidak akan pernah mau untuk mengkliknya. Jadi berpikirlah dua kali mengenai apa yang Anda klik-kemungkinan Anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih buruk dari yang Anda perkirakan.