MOLOCO-B12 & LAKTAFIT : OBAT UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI AIR SUSU IBU YANG HARAM BAGI UMMAT ISLAM
December 20, 2008 Kaki Lima Subang Leave a comment Go to comments

(sudah dicek kebenarannya, atau anda pun dapat langsung telfon ke LPPOM MUI di no 3450928 dengan Ibu Astri.)

Kepada:
Yth. Ummat Islam di mana saja berada.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Diberitahukan bahwa saat ini telah beredar 2 buah obat resep dokter yang berfungsi untuk memperbanyak air susu ibu dengan merek dagang MOLOCO-B12 dan LAKTAFIT, berbentuk kapsul yang komposisinya terdiri dari: Ekstrak Plasenta manusia & vitamin (sumber: buku Index Spesialitet Obat/ ISO).

Plasenta (ari-ari/ bali) ini dipercaya berkhasiat bisa meningkatkan produksi air susu ibu. Tetapi bagi ummat Islam, plasenta ini HARAM untuk dikonsumsi, karena plasenta merupakan bagian dari jaringan tubuh manusia.

Pada tahun 2000, Komisi Fatwa MUI telah mengeluarkan Fatwa nomor: 2/ Munas /VI/ MUI/ 2000 yang menyatakan bahwa produk pangan/kosmetik yang mengandung Plasenta manusia, hukumnya Haram dikonsumsi oleh ummat Islam.

Obat yang bernama MOLOCO-B12 ataupun LAKTAFIT ini, sering diresepkan oleh dokter spesialis kandungan atau diberikan oleh bidan kepada ibu setelah melahirkan.

Oleh karena itu, kepada para Ibu yang baru saja melahirkan atau yang sedang menyusui:

1. Bila mendapatkan resep obat dengan nama MOLOCO-B12 ataupun LAKTAFIT, supaya minta kepada dokter / bidan yang memberikannya agar menggantinya dengan obat/vitamin perangsang susu ibu merek lain yang tidak mengandung plasenta apapun.

2. Daun katuk dan sayuran hijau lainnya hingga saat ini diyakini berkhasiat merangsang produksi air susu ibu, karena kandungan zat besi dan folatnya yang tinggi, juga protein dan vitamin nabatinya. Dengan mengkonsumsi daun katuk dan setiap hari dalam bentuk sayur atau dicampur dengan makanan lainnya, bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

3. Sekarang ini banyak produk susu bagi ibu hamil, misalnya yang bernama susu “Lactamil”, atau lainnya, yang mengandung ekstrak daun katuk, sangat tepat diberikan kepada ibu menyusui, yang produksi air susunya kurang.

4. Hal yang terpenting bagi ibu menyusui, agar produksi air susunya banyak adalah harus sering menyusukannya kepada bayinya, minimal 8 kali sehari, misalnya diulang tiap 3 jam, pada payudara kiri dan kanan, masing-masing Minimal selama 5 menit. Produksi air susu ibu akan meningkat bila puting susu ibu sering mendapatkan rangsangan dari mulut bayi. Makin sering ibu menyusui, maka akan semakin banyak produksi air susu ibu.

Kemudian ibu pun harus makan dengan kandungan gizi yang baik serta minum susu sapi yang cukup setiap hari.

Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap daging yang tumbuh dari makanan haram, maka api neraka lebih utama baginya” (HR Tirmidzi dari Ka’ab bin Ajazah r.a)

Tembusan:
- Lembaga Pengawasan Obat & Makanan – MUI (LPPOM-MUI)
- Yayasan Lembaga Konsumen Muslim Indonesia

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Muhammad Abdullah,
dokter umum