Pada tahun 1972, Dr. Ralph Heinicke, ahli biokimia terkenal dari Amerika Serikat mulai melakukan penelitian tentang alkaloid xeronine yang terdapat pada enzim bromelain (enzim pada nenas). Ia kemudian menemukan bahwa buah Mengkudu juga mengandung xeronine dan prekursornya (proxeronine) dalam jumlah besar. Xeronine adalah salah satu bentuk protein spesifik yang mengatur fungsi sel-sel tubuh manusia.

Tahun 1993, jurnal Cancer Letter melaporkan bahwa beberapa peneliti dari Keio University dan The Institute of Biomedical Sciences di Jepang yang melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman mengklaim bahwa mereka menemukan zat-zat anti kanker (damnacanthal) yang terkandung dalam Mengkudu.

Dalam sebuah penelitian di tahun 1994 yang dilakukan oleh Hawai University, USA, terhadap sekelompok tikus yang disuntik dengan sel-sel kanker paru. Mereka ternyata hanya mampu bertahan 9 – 12 hari. Sementara sekelompok tikus lainnya yang telah diberi ekstrak Noni dan disuntik sel-sel kanker paru mampu bertahan hidup 105% s/d 123% dengan 9 dari 22 tikus mampu tetap hidup sampai lebih dari 50 hari. Para peneliti menyimpulkan bahwa Noni memiliki kemampuan meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Menurut AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah (Super Red Dragon Fruit), buah kaktus madu itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.

Hasil uji in vitro yang dilakukan Li-chen Wu, peneliti Department of Applied Chemistry, National Chi-Nan University, menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah naga berdaging merah berpotensi menghambat pertumbuhan sel tumor B16F10 pada dosis 25 g.

“Penelitian menunjukkan buah naga merah ini sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah.“Penelitian ini juga menunjukkan buah naga bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh,” katanya.

Secara ringkas, berikut adalah khasiat buah Mengkudu dan buah Naga Merah:

Khasiat Mengkudu (Noni)
Meningkatkan daya tahan tubuh
Menormalkan tekanan darah/ menurunkan darah tinggi
Sebagai penghilang rasa sakit/ painkiller
Anti-peradangan dan anti-alergi
Anti-bakteri
Dapat mengatur siklus suasana hati (mood)
Dapat mengatur siklus energi tubuh
Meningkatkan sistem daya tahan tubuh untuk melawan penyakit.
Meningkatkan vitalitas.
Detoksifikasi, membantu mempercepat pembuangan racun/toksin melalui pembersihan usus, meningkatkan pembuangan air seni, membantu mengeluarkan keringat.
Menghambat pertumbuhan sel-sel tumor/kanker.
Sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas.
Menyegarkan badan dan membuat enak tidur.
Menormalkan kadar gula darah
Khasiat Buah Naga Merah (Super Red Dragon Fruit)
Menurunkan kadar kolesterol tinggi
Menurunkan trigliserida tinggi
Penyeimbang gula darah
Menormalkan asam urat
Menguatkan fungsi ginjal dan tulang
Meningkatkan kinerja otak
Menurunkan resiko kanker
Pelindung kesehatan mulut
Meningkatkan daya penglihatan
Mengobati sembelit
Memperhalus kulit wajah
Meningkatkan metabolisme tubuh
Menghindarkan kanker usus
Menyembuhkan maag
Mengurangi asma



sumber:majalahkesehatan.com