Walaupun para orang tua dapat dimaklumi apabila merasa sangat senang ketika mendengar kata-kata pertama bayi mereka, para psikolog berpendapat bahwa kata-kata bukanlah satu-satunya indikasi dari perkembangan bahasa.
Berikut ini adalah empat tanda bahwa bayi Anda akan segera mulai berbicara:

1. Kata-kata pertama yang sudah banyak dikenal
Ketika bayi berusia sekitar 10 bulan, mereka bisa saja tiba-tiba mengucapkan kata-kata pertama yang bisa dikenali. Seringkali kata-kata tersebut adalah “Da-da” dan “Ma-ma.” Kata-kata ini sebenarnya adalah kependekan dari kata-kata. “Ba” adalah kependekan dari botol, “num” untuk minum dan “jah” untuk “gajah”. Untuk sementara, baru bunyi-bunyi sederhana seperti ini yang dapat diucapkan oleh bayi, dan cukup mudah bagi orang tua untuk memahaminya.

2. Memahami Apa yang Anda Katakan
Satu tanda penting bahwa bayi Anda sedang belajar berbicara adalah bila dia memahami lebih banyak dari apa yang Anda katakan. Kata-kata seperti Mama, Papa, bayi, sepatu, bola, jus dan biskuit kemungkinan besar sudah dipahami saat ini, atau sebentar lagi. Bayi mungkin juga sudah memahami nama-nama anggota keluarga atau binatang peliharaannya.

3. Melambai
Untuk pertama kali, bayi mungkin dapat menuruti perintah sederhana seperti “Dadah,” “Bawa bonekanya ke Mama,” “Berhenti,” atau “Cium Papa.” Perkembangan ini menunjukkan bahwa bayi Anda telah belajar tidak hanya kata-kata yang terpisah dan maknanya, tapi dapat memahami seluruh ide yang tersurat di dalam kata-kata. Ini merupakan tonggak penting dalam perkembangan bahasa, dan merupakan tanda yang menunjukkan bahwa bayi Anda akan segera berbicara.

4. Mengoceh
Bayi juga mungkin sudah mulai apa yang disebut para psikolog sebagai percakapan “jargon” atau “pura-pura”. Bayi Anda akan mengoceh seperti sedang berbicara – dengan meniru pola bicara orang dewasa, mimik muka dan intonasi suara. Ocehan percakapan ini adalah tanda lain yang menunjukkan bahwa bayi Anda hampir siap berbicara. Teruslah berbicara padanya!

Teruslah berbicara pada bayi Anda dalam percakapan biasa, mengulangi nama-nama benda yang sering ditemukannya dan menjelaskan apa yang Anda lakukan… sebuah peristiwa penting bagi bayi dan orang tua akan segera terjadi – datangnya kata-kata pertama bayi!