Tanda anak cerdas salah satunya sering berulah atau tidak mau diam? Memang sebagian besar anak-anak cerdas hidup dengan otak yang selalu bekerja kreatif dan memikirkan untuk tidak bertindak bodoh. Baik itu dalam kemampuan intelegensia maupun keterampilannya.

Ingin tahu hal apa saja yang bisa menjadi tanda anak cerdas? Simak penjelasannya berikut ini:

Berani tampil

Si kecil dengan percaya diri tampil di hadapan banyak orang, bahkan yang tidak dikenalnya. Ia berani tampil bernyanyi atau menari di depan orang banyak. Bahkan, ia pandai bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Si kecil pun berani berkenalan dengan orang lain.

Aktif tak bisa diam

Anak Anda telah memasuki usia 1-3 tahun, dipastikan ia senang berlarian kesana-kemari, aktif mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan cenderung selalu ingin tahu.

Senang protes

Si kecil mulai protes jika Anda membantunya berdiri, berpakaian, atau bahkan membereskan mainannya. Ini pertanda bahwa ia mulai menginginkan otonomi lebih besar atas dirinya sendiri dan ingin berlatih mandiri.

Banyak bertanya

Setelah melewati masa pengenalan kata dan bicara hingga lancar, biasanya anak akan memulai fase selalu bertanya. Terkadang Anda kewalahan menjawabnya namun pastikan untuk tetap menjawab setiap pertanyaannya. Hal ini berarti anak ingin mengetahui segala hal dan otaknya 'terbuka' untuk mengenal apa yanga da di dunia.

Memiliki memori yang baik

Beberapa anak cerdas mampu mengingat sesuatu dengan baik sejak mereka masih kecil. Ia dapat menceritakan kembali detail kejadian yang dialaminya.

Gemar mencorat-coret

Mencorat-coret atau menggambar merupakan cara anak untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu dan kreativitasnya.

Itulah beberapa tanda anak cerdas menurut para ahli. Penting bagi Anda untuk terus memantau aktivitas si kecil guna melihat perkembangan kecerdasannya. Habiskan waktu sebanyak mungkin bersama anak Anda dan melihat dunia tempat mereka hidup. Seiring berjalannya waktu, Anda akan peka dengan bakat yang si kecil miliki dan mulai untuk mengasahnya.