Pastinya suatu kebahagiaan tersendiri memiliki anak yang rajin dan berbakti. Sebagai orangtua, kita memiliki harapan agar nantinya anak kita memiliki kehidupan yang bahagia.

Memberikan suatu pendidikan yang terbaik merupakan sesuatu hak yang harus dimiliki oleh setiap orangtua. Dengan begitu dampak yang akan dirasakan oleh anak akan terasa, sehingga rasa bangga anak kepada orangtua akan terlihat.

Sebagai orangtua, bisa memupuk rasa bangga anak terhadap orangtua dengan beberapa point berikut:

Melalui Contoh Nyata

Sebenarnya menanamkan rasa bangga anak pada orangtua lebih baik dilakukan lewat contoh nyata. Tunjukkan padanya tindakan-tindakan terpuji yang kerap anda lakukan. Tak usah berfikir mengenai hal besar.

Cukup menunjukkan tindakan anda mengenai betapa anda mencintai lingkungan dengan membuang sampah ke tempat yang benar dan tak semena-mena terhadap orang lain.

Karena sebenarnya sifat bangga kepada orang lain bisa berarti bahwa mereka bersyukur dan berbahagia atas apa yang mereka peroleh dalam kehidupan.

Jauhkan sifat sombong

Sifat sombong bisa menjadi boomerang terhadap diri sendiri. Berhati-hatilah agar Anda tak mengajarkan untuk bersifat sombong kepada anak, baik sengaja maupun tidak sengaja.

Sikap rendah hati akan memudahkan anak untuk melihat sisi luar biasa bahwa orangtua dan keluarganya merupakan orang-orang yang patut dibanggakan.

Sifat sombong akan menghalangi anak untuk melihat masalah dengan jelas dan akhirnya tentulah akan sering membuahkan konflik bagi pada masa depan anak.

Bangga pada anak

Jika kita sendiri tak merasa bangga pada anak, bagaimana mungkin anak akan merasakan bangga terhadap orangtua mereka? Tak mungkin terjadi.

Sering kali orangtua memang menunjukkan rasa bangga terhadap anak mereka namun kesalahan yang sering terjadi adalah mereka menunjukkannya di depan orang lain dan bukan kepada anak.

Sedikit pujian saat si anak mau membereskan mainannya sendiri sehabis bermain akan membantu anak untuk mengerti bahwa dia dicintai oleh orangtuanya.
- See more at: http://perempuan.com/