Seperti kita ketahui, perkembangan anak dari semenjak didalam kandungan hingga mulai masuk sekolah, teramat penting. Selain untuk memupuk kemampuan dia ketika menginjak dewasa nantinya juga mempengaruhi perkembangan dirinya juga. Seperti melatih kemandirian dan keberanian dia, Mengenal Identitas Diri, dan sebagainya.

Perkembangan bayi dari sejak kelahiran hingga usia sepuluh tahun begitu penting, berikut ini beberapa point penting yang perlu kita ketahui mengenai tahun-tahun penting belajar bagi anak:

- Lima puluh persen kemampuan belajar seseorang dikembangkan pada masa empat tahun pertamanya.
- Tiga puluh persen yang lainya dikembangkan menjelang ulang tahun kedelapan
- Dua puluh persen lainnya setelah ulang tahun kedelapan
- Tahun-tahun tersebut sangat penting bagi dia untuk landasan dia belajar di masa depan
- Selepas umur sepuluh tahun, cabang-cabang yang tidak berhubungan akan mati.
- Diri sendiri (anak-anak) merupakan guru terbaik bagi diri mereka sendiri dan orang tua merupakan guru pertama terbaik bagi mereka.
- Anak akan lebih mudah dan cepat belajar dari pengalaman indrawi mereka, jadi rangsanglah indra mereka.
Menurut Glenn Doman (didalam Gordon Dryden dan Jeaanette Vos, 1999) stimulus warna yang diberikan untuk melatih indera penglihatan bayi sebaiknya warna kontras hitam-putih dan bukan warna pastel. Bahkan menurut Ronald Kotulak (didalam Inside The Brain, 1996) jika si anak tidak memproses pengalaman visualnya pada umur dua tahun meskipun otaknya sudah sempurna, dia takkan dapat melihat.
- Pantai, rumah, hutan, kebun binatang, tempat bermain, museum, dan tempat berpetualangan; merupakan sekolah-sekolah terbaik di dunia.
- Dengan olah raga yang sederhana bisa menumbuhkan semangat belajar pada bayi.
- Bayi tumbuh dengan pola-pola tertentu, sehingga kita kembangkan berdasarkan pola-pola pertumbuhan tersebut.
- Belajar merupakan hal yang mengasyikkan termasuk membaca, menulis, dan matematika. Hal itu yang perlu ditanamkan dibenak anak.
sumber f-buzz.com
Photo: cutebabybg.com