Hai para bunda saya ingin berbagi artikel mengenai pertumbuhan si kecil...:

#Pada usia 3 tahun, anak sudah mulai mengeksplorasi diri melalui kata dan bahasa. Senang bercerita dan humor. Mereka aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan diantaranya melompat dengan satu kaki, melangkah dengan cara jinjit, memakai sepatu sendiri, mencuci tangan dan mengambil minum sendiri, bernyanyi, dan menggambar bentuk garis lurus atau bentuk-bentuk yang sederhana.

#Usia 3 1/4 tahun, anak sudah jago mengayuh sepeda roda tiga, mengenal 2-4 warna, dan pandai berhitung dari 1-3. Anak juga sudah mengetahui umur dan jenis kelaminnya sendiri. Dalam kegiatan sosialnya anak senang membantu sang ibu untuk menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga, seperti menyapu, menyiram bunga dan sebagainya.

#Anak berusia 3 1/2 tahun mempunyai hasrat keingintahuan yang tinggi, mulai banyak bertanya kenapa, apa, siapa dan dimana. Anak usia ini memiliki kemampuan konsentrasi selama 3 menit serta mengingat kejadian-kejadian sehari sebelumnya.

#Perkembangan sosial yang terjadi pada anak usia 3 3/4 tahun dapat ditandai dengan kemampuan untuk mengerti perbedaan antara dirinya dan anak yang lebih muda, namun belum mengerti perbedaan antara dirinya dengan anak yang lebih tua. Merasa malu jika tertangkap melakukan kesalahan. Dan mengerti jika dirinya dalam bahaya.

#Perkembangan pada anak usia 4 tahun ditandai dengan meningkatnya ketajaman panca indra. Mengenal beberapa warna dan pandai berhitung dari 1 hingga 20.

Anak juga senang mendengarkan cerita yang dibawakan oleh orangtuanya. Keahlian lain yang dimiliki oleh anak usia 4 tahun ialah dapat berdiri pada satu kaki, melompat dan menaiki tangga.

#Anak usia ini sudah mampu untuk mengenali kata-kata seperti menyebut nama lengkapnya sendiri tanpa dibantu. Dapat memahami konsep ukuran dan bentuk.

Anak juga sudah bisa memegang pensil dan menggambar berbagai bentuk seperti menggambar orang dengan 3 bagian tubuh, lingkaran dan tanda silang. Selain itu, ia juga sudah jago dalam menyusun puzzle.

#Perkembangan kognitif yang terjadi pada anak usia 4 1/2 tahun yakni mulai mahir dalam hal berbahasa. Bicaranya mudah dimengerti dalam menyebutkan huruf, angka atau nama-nama hari.

Untuk membentuk suatu kalimat sudah mulai menggunakan keterangan waktu. Dan sudah dapat menyanyikan lagu dengan syair yang begitu pendek. Beberapa hal yang sudah bisa dilakukan secara mandiri pada anak usia ini ialah mengenakan sepatu sendiri, mengenakan celana atau baju sendiri dan menggosok gigi tanpa dibantu.

#Pada kehidupan sosialnya, anak usia ini sudah mulai senang bermain di luar rumah serta mengakrabkan diri dengan teman sebayanya.

Perkembangan lainnya, anak sudah bisa bekerjasama dan berpartisipasi dalam kelompok. Anak juga sudah tidak rewel lagi bila ditinggal sang ibu.

#Perkembangan fisik pada bayi usia lima tahun ditandai dengan ukuran kepala menyerupai kepala orang dewasa, tubuh sudah proporsional, dan membutuhkan energi sebanyak 1800 kalori per hari.

Kemampuan motorik balita biasanya sudah bisa berdiri pada satu kaki selama beberapa detik, mampu melompat, dan menangkap bola kecil dengan kedua tangan. Perkembangan kecerdasan lainnya ditandai dengan kemampuan untuk menghafal beberapa huruf, mengenal warna, menggambar dengan 6 bagian, menggambar orang lengkap, atau menggambar sebuah garis lurus atau segi empat.

Perkembangan kognitif dan bahasa pada usia bayi lima tahun adalah ia telah bisa menyebutkan nama, umur dan tempat tinggal. Memahami konsep bentuk dan ukuran, pandai menghitung dari 1 hingga 50, dan sudah bisa membaca jarum jam.


-smoga bermanfaat-