Pertumbuhan bayi dan perkembangan bayi Anda memang hal yang luar biasa bagi semua orang tua. Jangan sampai Anda terlewat proses perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda. Bayi selalu belajar sesuatu yang baru setiap harinya.

Karena bayi yang sehat akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Kebanyakan perkembangan bayi lebih banyak terlihat saat usia 7-9 bulan. Pada usia ini, kebanyakan bayi bisa berguling di tempat tidur. Beberapa bayi bisa duduk sendiri, namun masih membutuhkan sedikit dukungan.

Anda mungkin melihat bayi Anda mulai bergeser, atau bahkan merangkak menyeberangi ruangan. Dia akan menikmati membenturkan dua benda bersama, dan mungkin dapat merangkak dan menarik dirinya ke posisi berdiri. Berikan mainan untuk bermain membenturkan benda berbagai bentuk dan ukuran. Menyediakan benda-benda menarik seperti mangkuk atau wadah hampa.

Anda dapat membantu memperkuat kakinya dengan membantu berdiri. Ini akan membantu pertumbuhan bayi Anda terutama pada kaki dan tangan. Beberapa bayi usia 7-9 bulan dapat menjelajah sepanjang tepi meja dengan berpegangan pada tepian meja. Bayi usia 7-9 bulan akan mudah memindahkan dari satu tangan ke tangan yang lain atau langsung memasukkan benda yang dipegang ke mulut mereka.

Bayi dapat menarik benda dengan gerakan menggaruk seperti memungut benda hanya dengan ibu jari dan jari telunjuk. Perkembangan bayi seperti ini akan membantu meningkatkan ketangkasan bayi Anda memegang sendok. Dan secara tidak langsung berpengaruh pada pertumbuhan bayi Anda terutama pada pertumbuhan tangan bayi Anda. Pada usia 7-9 bulan yang paling terlihat pada perkembangan bayi Anda adalah berkomunikasi dengan suara, gerak tubuh dan ekspresi wajah.

Anda mungkin akan mendengar banyak tertawa dan memekik. Bayi Anda bahkan dapat menanggapi nama sendiri. Perkembangan bayi pada usia ini, bayi bisa membedakan emosi dengan nada suara. Mereka dapat mengulang suara yang mereka dengar atau mencoba menirukan suara yang didengarnya. Ocehan bayi Anda kemungkinan akan mencakup rantai suara, seperti “ba-ba-ba.” Dan mulai dapat memanggil “mama” atau “papa”. Banyak bayi usia 7-9 bulan menjadi waspada terhadap orang asing.

Bayi Anda mungkin menolak digendong dengan orang lain selain Anda. Jika bayi Anda rewel ketika Anda pergi sebaiknya ucapkan selamat tinggal dengan memeluk dan mencium bayi Anda. ini sebagai pengingat bahwa Anda akan segera kembali. Kemungkinannya adalah, bayi Anda akan berhenti menangis setelah Anda berada di luar penglihatannya. Atau alihkan perhatiannya dari Anda dengan mainan kesukaannya.

Pertumbuhan bayi pada usia 7-9 bulan sangat terlihat pada pertumbuhan gigi bayi. Anda mungkin akan melihat bayi Anda mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya dan dia akan mulai mengunyah apa saja. Beri bayi Anda gigitan untuk bayi untuk mengasah kekuatan giginya. Biasakan membersihkan gigi bayi Anda dan gusi setidaknya sekali sehari.

Gunakan air putih dan kain lembut atau sikat gigi bayi untuk membersihkan gigi bayi Anda. Untuk bayi usia berapapun, belajar dan bermain tidak dapat dipisahkan. Inilah yang dapat Anda lakukan di rumah yang bermanfaat pada pertumbuhan bayi Anda.