bunda ni br dpt artikel tentang :
TIPS-TIPS KECIL MENDIDIK ANAK

1. Jalin komunikasi yang akrab, hangat dengan anak. Sediakan waktu untuk mendengarkan ceritera anak tidak hanya dengan telinga tetapi dengan hati agar anak merasa diterima, dihargai dan dicintai.
2. Hindari pemberian label pada anak. Label ”bodoh”, ”malas”, ”ceroboh” tidak memberi manfaat apapun, malahan akan menghasilkan perasaan tidak diterima, ditolak dsb. Anak yang diberi label, karena merasa sudah di ”cap”. Karena ia merasa bahwa cap yang diberikan kepadanya tidak bisa hilang, maka tidak ada motivasi untuk memperbaiki perilakunya.
3. Hindari membandingkan anak dengan anak lainnya. Bila anak merasa dibandingkan (biasanya dibandingkan dengan seseorang yang lebih) maka anak akan merasa ditolak, dan ia akan mengembangkan perasaan rendah diri dan pada akhirnya akan sulit menerima dirinya sendiri.
4. Berikan peneguhan/pujian segera setelah anak melakukan suatu perbuatan yang baik. Maksudnya, agar anak merasa bahwa dirinya diperhatikan oleh guru atau orang tuanya. Berikan respon yang seimbang atas perilaku anak, jangan sampai tidak pernah mendapat pujian walaupun perilakunya baik, tetapi dicela kalau berbuat salah.
5. Ciptakan suasana yang mendukung anak yang sedang belajar. Anak sering mengeluhkan orang tua yang tidak peduli terhadap anak yang belajar, malahan nonton TV dsb.