Tip Mendongkrak Nafsu Makan

Jika anak perlu menambah bobot tubuhnya, fokuskan pada makanan sehat dibanding sekedar memberi kalori. Ini beberapa tip yang bisa dicoba:

Tambahkan makanan bernutrisi yang tinggi kalori seperti buah kering (dried fruit seperti kismis) yang dicampur pada sereal, kacang-kacangan pada bubur gandum atau salad, atau parutan keju dalam omelet. Buat sereal hangat, coklat, dan pancake dengan menggunakan susu daripada air.

Beri camilan bergizi sebagai selingan diantara waktu makan, termasuk saat menjelang tidur malam. Beberapa pilihan yang baik: roti bakar gandum dengan selai kacang dan buah-buahan, satu iris daging turkey dan keju yang digulung, atau smoothie yang diblender dengan yoghurt, susu, buah-buahan, dan sedikit madu.

Pastikan si kecil memiliki cukup waktu untuk menikmati makanannya dan jangan membuatnya merasa diburu-buru. Jika mungkin, hindari memberinya jadwal kegiatan mendekati waktu makan malam.

Isi gelas minum anak hanya setengah penuh saat dia makan, dan baru tambahkan air minumnya ketika anak sudah cukup makan.