Cuaca tengah begini ekstrim, berbagai gangguan kesehatan pun rentan mengintai anak. Karenanya, bentengi anak dengan kekebalan tubuh yang baik.



Agar tubuh berfungsi dengan baik, diperlukan kondisi tertentu, misalnya suhu dan kelembaban lingkungan yang baik. Sama halnya dengan kuman, yang memerlukan suhu dan kelembaban tertentu untuk bertumbuh optimal.
Di penghujung musim kemarau seperti sekarang ini merupakan suhu yang kurang menguntungkan bagi kesehatan anak, yang merupakan suhu optimal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Di tengah musim kemarau yang terik ini kebanyakan aktivitas lebih banyak dihabiskan di dalam rumah. Akibatnya, lebih memungkinkan terjadinya penyakit. Ditambah lagi jika suhu dan kelembaban di rumah tidak terjaga dengan baik.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak faktor yang harus diperhatikan;
masalah kecukupan gizi
istirahat cukup
daya tahan tubuh

Di tengah cuaca yang tengah ekstrim di akhir musim kemarau seperti sekarang, perlu beberapa catatan penting yang harus diperhatikan.
Membekali anak dengan makanan bergizi
Menghindari jajan sembarangan
Minum air matang
Cuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan
Jika ada temannya yang terserang flu kenakan masker atau sebaliknya jika anak terserang flu

Selain itu ada satu hal yang sering terlupakan, yakni vaksinasi. Banyak masyarakat hanya mengira bahwa vaksinasi hanya penting bagi bayi (vaksinasi dasar di bawah usia 1 tahun). Padahal, beberapa vaksin memerlukan pengulangan (booster) di usia sekolah.
Beberapa vaksin yang penting untuk memayungi kesehatan anak:
virus influenza (common cold)
tifus
hepatitis A


Kesehatan anak dimulai dari rumah. Orangtua adalah contoh terbaik agar anak memiliki kebiasaan hidup sehat. Dari orangtua lah anak mengadopsi gaya hidup yang sehat. Selain menjaga kesehatan diri sendiri, ajarkan anak untuk mencintai lingkungan. Tak ada artinya jika kebersihan hanya terjaga di dalam rumah, jika lingkungan sekitarnya kotor. Kebiasaan lawas kerja bakti bersama warga rasanya patut untuk dipertahankan.
Penyakit yang rentan diderita anak?
penyakit saluran pernapasan
penyakit saluran cerna
aneka virus, seperti cacar air, campak, demam berdarah dengue (DBD)