1. Kopi. Bumil disarankan untuk menghindari kopi, karena minuman satu ini dapat menyerap zat besi di dalam tubuh, sehingga memicu anemia.
2. Teh. Sama seperti kopi, kandungan kafein di dalam kopi dapat menyerap zat besi dari dalam tubuh. Namun, apabila dibandingkan dengan kopi, teh memang lebih aman dikonsumsi bumil. Apabila bunda memang penikmat teh, disarankan untuk menambahkan susu ke dalam minuman teh, dan menghindari teh kental.
3. Tahu. Sebenarnya menu tahu ini masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Kedelai sendiri merupakan bahan makanan yang kaya akan zat besi, tetapi saat difermentasikan dan diolah menjadi tahu, justru ia menurunkan jumlah zat besi di dalam darah. Dituding, phytic acid yang terkandung di dalam tahulah yang mempengaruhi jumlah zat besi.
4. Bayam. Ternyata Oxalic acid yang ada di dalam bayam yang juga akan menyerap zat besi di tubuh bumil. Alhasil, jumlah asupan zat besi untuk si janin justru berkurang.
5. Gula. Nah, justru saat sedang hamil disarankan tidak makan atau minum yang terlalu manis-manis. Makanan manis justru akan menurunkan kandungan zat besi di dalam tubuh.
6. Jeroan. Selain tinggi kolesterol, makanan satu ini juga menurunkan kandungan zat besi di dalam tubuh.