Banyak yang menggunakan istilah 'autis' dalam pergaulan untuk mengolok-olok, mengejek, melecehkan atau memojokkan teman yang dianggap tidak gaul atau kurang tanggap. Hal ini sangatlah menyedihkan bagi para penyandang autis. Stop jadikan istilah 'autis' sebagai guyonan.

Autisme adalah suatu gangguan perkembangan yang kompleks, yang membutuhkan pemahaman dan perhatian yang serius dari semua pihak, baik orangtua, para ahli dari berbagai disiplin ilmu, pemerintah maupun masyarakat luas, agar individu autis dapat berkembang lebih optimal.

Penyebab autisme adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif.

Sebagai orang normal seharusnya dapat lebih menerima, menghargai dan memperlakukan individu autis setara dengan individu lainnya. Dengan kepedulian, pandangan dan sikap yang lebih positif terhadap keberadaan autisme bisa terhindar dari kesalahpahaman yang disebabkan kerena ketidak-mengertian dan ketidak-pedulian.

Individu autis hanya ingin diterima apa adanya. Hargai anak autis seperti anak pada umumnya dan beri kesempatan untuk berkembang. Bantu dan upayakan agar berkembang lebih optimal. Dan jangan gunakan kata 'autis' sebagai bahan ledekan yang akan menyakitkan anak autis.