Namun, bila Anda tahu trik memasak cepat tanpa menguras energi, tak perlu membuat anggaran untuk memesan makanan dari luar rumah. Dalam hal ini, Anda juga dapat memanfaatkan pembantu atau baby sitter sebelum mereka pulang mudik. Caranya: a. Minta pembantu membuat beberapa macam masakan favorit keluarga yang tahan lama 2-3 hari sebelum mereka mudik, seperti rendang, opor, semur, gulai, dan sebagainya. b. Tempatkan masakan tersebut ke dalam kantong/wadah plastik yang tahan panas dan tertutup rapat. Makanan dalam kemasan plastik ini bisa langsung dikukus bersama wadahnya (plastik) sewaktu hendak dihangatkan kembali. Pisahkan bumbu seperti seledri, daun bawang dan sebagainya. Bubuhkan nanti apabila akan disajikan. c. Simpanlah kantong-kantong masakan tersebut dalam lemari pendingin di bagian freezer. Jangan lupa mencantumkan label jenis masakan di setiap kemasan/pembungkusnya. Sewaktu akan menghidangkan, kukus kantong-kantong tahan panas berisi makanan langsung ke dalam dandang. Lengkapi lemari es dan dapur Anda Untuk masakan praktis, lengkapi lemari es dan lemari dapur Anda dengan beberapa hal, yaitu: a. Bumbu dapur seperti daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk, sampai asam Jawa dan lainnya. b. Bumbu yang sudah jadi untuk tiap jenis masakan. Bahan ini bisa diperoleh di pasar tradisional atau dibeli di supermarket dalam kemasan. c. Bumbui daging, ayam, atau ikan, lalu masukkan dalam lemari es. Ketika pembantu sudah mudik ke kampung halaman, Anda tinggal memanaskannya kembali. d. Simpan santan untuk masakan bersantan seperti opor, lodeh, gulai, atau kari secara terpisah. Campur santan ketika dihangatkan, sesaat akan dihidangkan. Kecuali untuk kalio dan rendang yang santannya sudah mengering karena proses pemasakan yang lama. e. Masak daging, ikan, ayam, jeroan, dan udang hingga benar-benar matang dan mendidih. Jika ? matang dikhawatirkan akan tercemar bakteri walaupun disimpan di freezer. f. Dinginkan segera masakan setelah matang. Makin lama masakan dingin akan makin mudah tercemar bakteri. g. Simpan makanan dingin dalam wadah kedap udara, beri label, tanggal pembuatan, dan bahan apa saja yang perlu dimasukkan saat akan dipanaskan. Agar makanan tahan lama dan awet disimpan di lemari es, perhatikan teknik penyimpanannya dengan tepat seperti di bawah ini:

Jenis bahan dan mutu


Cara menyimpan


Lama penyimpanan

Wortel, kentang, buncis, jagung, labu siam.

Pilih yang segar dan tidak busuk.


Cuci bersih dan keringkan. Bungkus dalam kertas atau masukkan ke dalam plastik yang berlubang-lubang.


1 minggu

Bayam, taoge, kangkung, daun singkong.

Pilih yang muda dan tidak layu.


Dalam plastik berlubang atau dibungkus kertas tanpa dicuci.


2 hari. Jika direbus dulu selama 2 menit akan tahan lebih lama.

Kembang kol, brokoli, kol.

Pilih yang segar.


Bungkus dalam plastik berlubang dan simpan di wadah kedap udara.


1 minggu.

Ayam, daging sapi, dan daging kambing

Untuk ayam, pilih yang berwarna putih dan aromanya segar. Untuk sapi & kambing, pilih yang tidak berlendir, berwarna merah, dan kenyal.


Cuci bersih dan simpan dalam wadah kedap udara. Sebaiknya dibumbui dulu saja sehingga ketika akan disantap tinggal digoreng atau dipanaskan.


2 bulan dalam freezer.
Ikan

Pilih yang segar, insang berwarna merah.




Bersihkan, bubuhi garam dan jeruk nipis, lalu simpan di wadah kedap udara.


1 bulan dalam freezer.

Jeroan

Pilih yang tidak berlendir dan tidak bau.


Dibersihkan dan dibumbui lalu simpan dalam wadah bertutup rapat.


1 bulan dalam freezer.

Tahu & tempe

Pilih yang segar dan tidak asam.


Direbus dulu bersama garam agar fermentasinya berhenti lalu simpan di wadah kedap udara.


1 minggu di lemari es.

Produk olah siap santap

Pilih yang kemasannya kedap udara dan cek tanggal kadaluwarsanya.


Taruh dalam wadah kedap udara di freezer.


3 bulan.

Ketumbar, merica, daun salam, serai, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri, cabai.

Pilih yang segar dan tidak berjamur.


Rempah yang bersifat kering disimpan dalam wadah kering yang kedap udara. Rempah segar dibungkus plastik berlubang dan disimpan di lemari es di wadah khusus sayuran.


1 bulan di lemari es.