Setelah sembuh dari sakit, anak Anda kurang nafsu makan sehingga membuat Anda kuatir ia kekurangan gizi. Bagaimana menanginya?

Kesulitan makan pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal. Dari penyakit infeksi kronis sampai salah asuh. Jika berat badan anak tergolong baik sementara pola makannya hanya minum susu, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena pola makan yang salah. Anak Anda terlalu banyak minum susu, sehingga kebutuhan kalorinya telah terpenuhi, sehingga tidak ada nafsu makan lagi. Padahal, untuk anak di atas usia 1 tahun, susu tidak lagi merupakan makanan utama, karena makanan utamanya seharusnya adalah nasi lembek dan lauk-pauknya.

Anak bisa diberikan susu formula rendah laktosa (mengandung laktosa kurang dari 3g/dl, sedangkan pada susu formula normal mengandung laktosa sekitar 7g/dl. Susu formula rendah laktosa bisa diberikan pada bayi yang menderita diare dengan komplikasi intoleransi laktosa (kemampuan usus mencerna laktosa terganggu sementara).

Anda juga bisa memberikan anak Anda makanan padat sebagai tambahan. Bila masih tidak mau makan, sebaiknya kunjungi dokter Anda untuk mencari penyebabnya.