Penyakit batuk merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi dikalangan masyarakat terutama pada anak-anak . Pada dasarnya Batuk bukanlah suatu penyakit melainkan mekanisme tubuh untuk pertahanan tubuh pada bagian saluran pernapasan . Batuk juga merupakan gejala atau reaksi tubuh menghadapi iritasi pada tenggorokan . Iritasi tenggorokan itu sendiri bisa disebabkan oleh makanan , lendir , debu , asap dan lainnya . Batuk merupakan respon terhadap rangsangan tertentu , sebagai contoh karena ada debu di bagian hidung atau saluran pernapasan lainnya .

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan , dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan .

Berdasarkan waktunya Batuk terbagi menjadi 2 jenis , yaitu :
Batuk Akut => merupakan batuk yang terjadi selama kurang dari 14 hari dan dalam 1 episode . Jika terjadi lebih dari 14 hari dan berulang-ulang dalam beberapa bulan maka tidak disebut lagi sebagai batuk akut .
Batuk Kronis => Batuk kronis bisa terjadi karena gejala penyakit seperti asma , tuberkolosis (TBC) dan batuk rejan (batuk 100 hari).
Sedangkan berdasarkan gejalanya , batuk terbagi menjadi 2 kategori , antara lain :
Batuk Berdahak atau disebut juga sebagai batuk produktif adalah batuk yang disertai dengan dahak . Dahak itu sendiri berasal dari sinus / hidung atau bisa juga dari paru-paru dan kerongkongan.
Batuk Kering disebut juga batuk non-produktif yakni batuk yang tidak disertai dengan dahak . Batuk ini biasanya timbul karena akhir dari suatu gejala seperti flu , iritasi terhadap debu dan asap rokok