Saat Tepat Anak Pakai Sepatu
Warna sepatu anak yang ceria dan desain yang bagus tak cukup. Saat memakaikan sepatu pada anak juga harus di saat yang tepat

Sejak anak mulai berjalan, kakilah yang selalu menanggung beban terberat sepanjang hidupnya. Masalahnya, kadangkala Anda menelantarkan kakinya dengan memakaikan sepatu yang tak cocok. Apa yang perlu diperhatikan?

Biasanya, bayi sudah mulai memerlukan sepatu sebelum ia bisa menapak lantai. Nah, sepatu semacam ini lebih berfungsi sebagai kaus kaki yang menghangatkan kaki serta aksesoris untuk mempercantik kaki ketika bepergian. Jadi, bahannya harus nyaman dan lembut. Juga, tidak boleh pas-pasan agar tidak menghambat pertumbuhan kakinya.

Sebenarnya, sepatu baru benar-benar dibutuhkan ketika anak belajar berjalan. Kalaupun ia sudah mulai belajar berjalan sendiri, tunggu dulu selama 6-8 minggu. Setelah mantap berjalan, barulah Anda boleh memakaikan sepatu. Kenapa begitu?

Sepatu berguna untuk melindungi kaki dari benda tajam, kotor, dan sebagainya. Namun, jika anak berjalan di dalam rumah yang bersih dan aman, biarkan saja ia berjalan tanpa alas kaki. Dengan bertelanjang kaki, ia belajar untuk mengenali benda yang disentuh kakinya. Misalnya, lantai yang dingin, kasar, licin, dan sebagainya.