Dengan banyaknya modus kejahatan yang melibatkan pembantu rumah tangga (termasuk baby sitter), proses perekrutan baby sitter jadi tak gampang. Apa saja yang harus dilakukan?



Keputusan memperkerjakan baby sitter mungkin tak terlalu penting bagi keluarga kecil yang hanya kepala rumah tangga (suami) yang bekerja. Apalagi jika buah hati kita merupakan cucu pertama di keluarga besar (suami atau istri), sudah tentu mertua atau orangtua akan ikut nimbrung menjaga buah hati.

Tapi tak semua seberuntung itu. Aku termasuk salah satu keluarga kecil di mana suami-istri bekerja. Tiga bulan pertama selama aku cuti melahirkan hampir tak ada masalah. Belum lagi ibuku jadi mentor setia yang mengawasiku setiap kali merawat buah hati. Menjelang habis masa cuci aku mulai pusing. Tak mungkin menyerahkan mengurus buah hati pada ibuku yang sudah tua. Keputusannya tak ada pilihan selain memilih baby sitter.

Ini pun tak gampang. Dari cerita di sejumlah media, banyak perilaku baby sitter yang justru membahayakan bayi yang diasuhnya. Belum seramnya cerita-cerita kriminal. Selain itu aku tanya-tanya ke tetangga mengenai pengalamannya memperkerjakan baby sit