Pada usia bayiku 7-9 bulan, disaat dia sudah mengenal susu formula, di lidahnya sering terlihat putih. Sepertinya itu adalah sisa susu nya di malam hari. Bila ini dibiarkan terus tentunya akan mengganggu si bayi karena putih nya itu akan terlihat tebal. Sebenarnya bayi bisa diberikan air putih setelah dia minum susu, namun untuk kondisi di malam hari yang sangat mengantuk bagi sang ibu untuk memberikan air putih lagi setelah minum susu maka keesokan harinya sisa air susu tadi akan terlihat menebal di lidahnya.
Untuk menghilangkan sisa susu tadi, biasanya di pagi hari sebelum mandi lidahnya aku bersihkan dengan baby finger toothbrush dengan bulu sikat yang halus tanpa menggunakan pasta gigi. Sediakan air putih di mangkok kemudian masukkan baby finger ke jari telunjuk lalu bersihkan perlahan-lahan ke seluruh lidah ataupun giginya yang mungkin satu atau dua sudah tumbuh bila bulu sikat sudah penuh dengan kotoran cuci bulunya ke dalam air yang ada di mangkok begitu seterusnya sampai bersih. Ciptakan suasana sikat gigi yang menyenangkan sehingga si bayi merasa ini merupakan kebiasaan yang menyenangkan.
Setelah si bayi berumur 1 tahun yang sudah mengkonsumsi berbagai makanan dan camilan tentunya dengan kebiasaan membersihkan gigi dengan baby finger toothbrush sudah bisa digantikan dengan baby toothbrush tentu saja dengan bulu sikat yang lembut serta kepala sikat yang kecil sehingga tidak sakit bila masuk ke mulut si kecil. Biasakan dengan menggunakan sikat gigi ini diawali tanpa menggunakan pasta terlebih dahulu. Setelah dia merasa nyaman boleh menggunakan sedikit pasta gigi anak . Untuk si kecilku aku menggunakan pasta gigi dari Zwitsal karena aman bila tertelan safe if swallowed. Tersedia berbagai rasa tergantung si kecil menyukai rasa yang mana.
Aku berusahan menciptakan kebiasaan menyikat gigi sedini mungkin agar si kecil terjaga kesehatan gigi dan gusinya. Gigi anak putih bersih dan sehat tentu dambaan sang ibu.
Selamat mencoba ibu…Ciptakan kebiasaan bersih sejak dini…agar terjaga kebersihan dan kesehatannya