Apakah SIDS itu? SIDS ,singkatan dari Sudden Infant Death Syndrome, merupakan kematian mendadak yang menjadi bahaya utama yang dihadapi bayi saat tidur. Bagaimana cara menghindarinya? Berikut tips yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya SIDS.

1. Berhentilah merokok semasa hamil dan menyusui. Asap dan racun rokok akan meningkatkan resiko bayi meninggal karena SIDS.
2. Tidurkan bayi dalam posisi terlentang. Pada posisi ini saluran napas berfungsi dengan baik sehingga menghindarkan bayi dari bahaya SIDS.
3. Tidurkan bayi di tempat tidur yang terpisah dari orang tua, namun di dalam satu kamar. Tidur bersamaan menimbulkan resiko bayi tertimpa orangtua.
4. Jangan sampai bayi kepanasan saat tidur.
5. Jangan tidur bersama bayi di sofa.
6. Jangan tidur seranjang dengan bayi jika anda atau pasangan perokok, habis minum alkohol atau dalam kondisi amat lelah.
7. Jangan menaruh mainan atau benda-benda seperti bantal dan guling terlalu banyak di ranjang bayi, karena bisa beresiko menutup saluran napasnya.
8. Pilihlah matras yang permukaannya rata, tidak terlalu lembek, agar posisi tidur bayi stabil, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan matras.