Stress masih menghiasi hari-hari kita? Segera tuntaskan agar tidak berlarut-larut dan bisa mengganggu berbagai rencana yang ingin kita capai tahun depan. Beberapa cara berikut ini dapat membantu Anda bebas dari stress dan hidup lebih sehat:

Mulai pola makan sehat
Stress berkaitan dengan makanan yang kita konsumsi dan metabolisme
tubuh. Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat seperti gandum, makanan kaya protein, dan kurangi makanan yang mengandung lemak, kolesterol jahat, garam dan pemanis buatan. Perbanyaklah konsumsi sayuran hijau dan buah berwarna, seperti berry, jeruk, kiwi, apel, anggur merah, bayam, kangkung, ubi, wortel, dan sebagainya yang banyak mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas.
Olah raga teratur
Olah raga seringkali disarankan oleh para ahli kesehatan untuk membantu mengurangi stres dan depresi. Cobalah untuk berjalan kaki selama 30 menit sebanyak tiga kali seminggu untuk menjaga tubuh tetap fit.
Jauhi rokok dan alkohol
Kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok sebenarnya tidak dapat meredakan stres. Alkohol menyebabkan kekurangan vitamin B, C, kalsium, kalium, zink, dan magnesium yang penting bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Padahal kekurangan vitamin B dapat menimbulkan gangguan sistem saraf dan gejala mudah terusik. Sedangkan rokok mengurangi asupan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh.
Ambil waktu jeda dan Istirahat cukup
Luangkan waktu untuk Anda sendiri. Ambil jarak dengan aktivitas rutin Anda dan lakukan hal-hal yang paling Anda nikmati. Jadwalkan untuk mengunjungi tempat-tempat yang bisa menenangkan pikiran Anda. Selain itu, perhatikan juga waktu istirahat Anda, antara lain waktu tidur minimal 8 jam sehari.
Tunjukkan cinta
Memberikan pelukan hangat ke teman atau saudara, bermesraan dengan pasangan, ngobrol dengan sahabat atau bermain dengan hewan peliharaan bisa menurunkan tingkat stress. Interaksi sosial akan membantu otak berpikir lebih baik dan membuat kita bisa melihat cara lain untuk mengatasi masalah yang kita hadapi.