Beberpa hari yang lalu, ada seorang teman yang mengeluh karena produksi ASI-nya berkurang, padahal bayinya masih berusia 1 bulan. Sebenarnya produksi ASI sendiri berkaitan dengan hormon kita, makanan yang kita konsumsi, dan perasaan si ibu.

Ada beberapa resep dari orang tua yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI, diantaranya:
1. daun katuk
kalo daun yg satu ini sich, pastinya sangat akab di telinga Bunda ya, karena pil ekstrak daun katuk pun sudah banyak dijual di pasaran untuk memperlancar produksi ASI.

2. marning
Bunda tau marning? marning itu jagung yang dikeringkan kemudian digoreng. Marning bisa dimakan untuk camilan sembari nonton tivi. Harganya murah meriah dan berkhasiat.

3. kecipir
sejenis sayuran yang bermanfaat juga untuk ibu-ibu yang sedang menyusui. Kecipir cukup direbus kemudian dijadikan lalapan,,enak juga, kok.

4. daun mbayung/lembayung/kacang panjang
wah, kalo sayuran yang satu ini favorit saya. Disayur santan ditambahkan dengan udang kering an tempe semangit (setengah busuk), rasanya yummy...

5. ketumbar
ketumbar digongso (digoreng tanpa minyak) kemudian ditumbuk dengan garam, lalu dimakan dengan nasi. Saya sich belum mencoba, tapi katanya ckp berkhasiat.

6. pepaya pentil (masih kecil)
pepaya pentil direbus kemudian dijadikan lalapan.

Ramuan di atas adalah resep-resep dari ibu dan simbah saya, semoga bermanfaat!