Selain mempersiapkan fisik dan mental menghadapi persalinan, cobalah untuk merangsang timbulnya kontraksi rahim sebagai salah satu tanda mulainya proses persalinan.



Namun tindakan tersebut bisa dilakukan saat dokter telah menyatakan kalau kehamilan Anda sudah layak untuk menjalani persalinan normal pada saat terakhir kali Anda berkonsultasi.
Bagaimana caranya?

Banyak berjalan kaki akan memperlancar sirkulasi darah, memperkuat otot tubuh, dan memperbaiki olah nafas. Dengan banyak berjalan kaki membantu merangsang janin turun lebih cepat ke jalan lahir. Perhatikan juga posisi tubuh saat berjalan. Posisi tubuh yang benar adalah tegak dan tidak condong ke belakang.

Melakukan senam hamil di bawah bimbingan instruktur ahli. Manfaatnya membantu melemaskan daerah jalan lahir, memperlancar penurunan bagian terbawah janin ke jalan lahir. Kondisi yang demikian membuat kontraksi rahim menjadi lebih efektif, sekaligus mempermudah persalinan berjalan lancar.

Berhubungan intim dengan suami tercinta. Manfaatnya membantu mempersiapkan jalan lahir untuk proses persalinan. Sperma kaya akan prostaglandin (yaitu hormon yang merangsang timbulnya kontraksi rahim dan melemaskan jalan lahir). Orgasme juga membantu merangsang rahim berkontraksi.

Stimulasi puting payudara dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan suami. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Manfaatnya memicu hormon oksitosin (yang dapat merangsang kontraksi rahim). Hindari melakukan tindakan ini secara berlebihan, karena terkadang stimulasi ini dapat menyebabkan kontraksi yang kuat dan panjang, serta menggganggu aliran darah ke janin.


Biasanya menjelang hari persalinan, Anda mengalami berbagai kecemasan. Mungkin karena Anda merasa belum siap menghadapi proses persalinan, atau khawatir dengan kehidupan baru bersama Si Kecil.Ungkapkan semua kecemasan yang Anda rasakan, diskusikan dengan suami, orang-orang terdekat, dan dokter. Hilangkan rasa cemas Anda.

Beberapa jenis herbal (tanaman yang dijadikan obat) dapat merangsang aktivitas rahim (memicu timbulnya kontraksi). Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mempergunakannya. Pengunaan terapi herbal sembarangan memberi dampak yang lebih berbahaya. Dosis yang tidak tepat dapat membuat kontraksi datang tidak terkontrol, sehingga berbahaya bagi Ibu dan janin.

Anda dapat melakuakan pijat refleksi. Pijat ini dilakukan di titik-titik tertentu di kaki dan dilakukan menggunakan jari, telapak, bahkan siku tangan. Manfaatnya menyeimbangkan berbagai sitem tubuh, dan merangsang persalinan. Lakukanlah pijat refleksi ini di bawah pengawasan dokter yang ahli.

Tusuk jarum adalah salah satu cara pengobatan dengan menusukkan jarum khusus pada titik-titik tertentu di permukaan tubuh. Manfaatnya mengatasi berbagai keluhan selama hamil, termasuk kontraksi rahim yang lemah. Lakukanlah secara hati-hati dan dalam pengawasan dokter ahli.