Dalam membuat makanan bayi variasikan bahan-bahan makanan sumber dari masing-masing zat gizi tersebut untuk menghindari kebosanan, agar anak tak sulit makan . Bagaimanapun mengkonsumsi makanan yg sama setiap hari dapat mematikan selera makan anak, dan tak terkecuali pada bayi.



Berikut ini jumlah bahan makanan dan sumber dari zat-zat gizi yg dibutuhkan tubuh :



* Sumber Karbohidrat : Beras, bihun, havermut, mi, makroni, jagung, roti, singkong, ubi jalar dan lainnya.
* Sumber Protein : Daging sapi dan ayam(unggas) , makanan laut, telur, serta susu dan produk olahan seperti keju , dan sumber protein hewani. Kacang-kacangan, tahu, dan tempe sebagai bahan makanan sumber protein nabati.
* Sumber Lemak : Ikan perairan laut atau perairan dingin seperti tuna, salmon, makarel, dan hering adalah makanan sumber asam lemak omega 3 dan 6 yang berperan penting dalam pembentukan sel tubuh termasuk otak. Bahan makanan sumber protein hewani lainnya, umumnya juga merupakan bahan sumber lemak.
* Sumber Vitamin dan Mineral : Sayur mayur, buah-buahan kaya akan kandungan vitamin dan mineral , terutama yg berwarna kuning dan hijau gelap. Bayi dan anak-anak dianjurkan mengkonsumsi banayk sayur agar tidak kekurangan vitamin A.