Alat ini bentuknya menyerupai dot bayi, dalam bahasa inggris umumnya disebut pacifier. Pemakaiannya diberikan pada mulut si kecil untuk dihisap-hisap. Alat ini banyak dipergunakan oleh para ibu karena dianggap dapat menenangkan si kecil, mungkin si kecil beranggapan bahwa mereka sedang menyusu pada ibunya, sehingga menjadi lebih tenang.

Perlu tidaknya alat dipakai bergantung dari pertimbangan si ibu. Beberapa ibu-ibu memilih mempergunakan alat ini karena nampaknya memudahkan terutama bila si kecil rewel, namun ada juga ibu-ibu yang tidak mau dan berusaha mendiamkan bayinya dengan segala cara apabila mulai rewel atau lebih mengijinkan si kecil menghisap jarinya sendiri, daripada mempergunakan empeng.

Apabila anda termasuk yang membolehkan si kecil untuk memakai alat ini, ada baiknya si empeng dikaitkan dengan suatu alat pengait dibaju si kecil sehingga tidak mudah jatuh ke tanah. Karena apabila empeng jatuh ke tanah, kemudian diambil oleh si kecil dan tanpa sepengetahuan anda, langsung dimasukkan ke dalam mulutnya, ini dapat mengundang masuknya bakteri yang berbahaya untuk kesehatan si kecil.

Dalam memilih pengait empeng, ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu tingkat keamanan, jangan mempergunakan peniti dari besi yang mungkin dapat melukai si kecil. Saat ini, sudah banyak dijual alat pengait empeng, baik peniti yang dibuat atau dilapisi dengan plastik sehingga lebih aman penggunaanya atau semacam klip yang terbuat dari plastik dan terkadang dihiasi dengan gambar-gambar yang menarik.

Selain penggunaan alat pengait, untuk alasan kadar kehigienisan, sebaiknya bunda membeli empeng yang juga dilengkapi dengan penutup. Seperti halnya dot, empeng harus juga dicek secara teratur apakah kondisinya masih baik untuk dipakai, misalnya tidak berlubang karena gigitan dan harus sering diganti paling tidak 2 bulan sekali.



Selain masuknya bakteri yang tidak dikehendaki, beberapa hal lain yang dianggap sebagai sisi negatif dari empeng yaitu :

* jika sering dipakai, empeng mungkin dapat mempengaruhi bentuk gigi

* apabila empeng dipergunakan dalam jangka waktu lama misalnya sampai si kecil lebih dari usia setahun, agak sulit melepaskan si kecil untuk tidak lagi mempergunakan alat ini.