Jakarta - Secara kuantitas, wanita bekerja umumnya punya waktu lebih sedikit untuk bersama-sama dengan anak ketimbang ibu yang sehari-harinya di rumah. Namun itu tidak serta merta menentukan bahwa pola pengasuhan ibu rumah tangga pasti lebih baik dari ibu bekerja, atau sebaliknya.

Ibu bekerja memang memiliki tantangan yang mungkin lebih berat daripada ibu yang tidak bekerja dalam mengurus anak. Keterbatasan waktu, kondisi fisik serta mental seringkali menjadi kendala dalam pengasuhan si kecil. Tapi bila diterapkan dengan benar, pola pengasuhan antara ibu bekerja dan ibu rumah tangga sebenarnya tidak terlalu terpaut berbeda.

Dijelaskan psikolog anak Rose Mini Adi Prianto, M.Psi, "Sebenarnya tidak ada perbedaan, tinggal bagaimana cara orangtua men-treat anaknya dengan cara yang cocok atau bagus. Jadi misalkan anak perlu stimulasi, diberikan stimulasi yang sesuai."

Salah satu dampak positif dari anak yang kerap ditinggal ibunya untuk bekerja adalah dia bisa belajar untuk lebih mandiri. Dengan catatan, apabila tidak selalu dibantu oleh asisten rumah tangga, nanny atau baby sitter di rumah.

"Kalau orangtuanya bekerja, dia harus tahu siapa yang dia mintai tolong dan siapa yang akan menjaga anaknya," ujar wanita berusia 52 tahun ini kepada wolipop, saat dikunjungi di kantornya Essa Consulting Group, Ampera Raya, Jakarta Selatan.

Sementara bagi ibu rumah tangga, pola pengasuhan bisa jadi tidak baik apabila sehari-harinya lebih sering marah-marah atau mengeluh saat mengurus anak. Kembali lagi, semua itu tergantung dari kualitas kedekatan orangtua dan anak, Bukan semata-mata dari tinggi atau rendahnya frekuensi pertemuan.

Romi pun berbagi tips bagaimana sebaiknya mengasuh anak bagi ibu bekerja maupun ibu rumah tangga. "Saya lihat kebanyakan ibu bekerja maunya instan walaupun ada beberapa yang tidak. Semua maunya anak jadi seperti dia. Disekolahin, les, begitu juga dengan ibu yang di rumah. Ini sebenarnya tidak terlalu tepat. Kalau masih balita sebetulnya tidak (harus) terlalu banyak les. Harus selalu diingat perkembangan anak adalah tanggung jawab orangtua. Bukan orang lain," urai Romi.

Oleh karena itu, ibu sebaiknya jangan menyalahkan orang lain apabila anaknya bermasalah. Orangtua harus ingat bahwa dirinya bekerja tidak hanya untuk anak tapi juga dirinya sendiri. Bekerja atau tidak, setiap anak butuh diajarkan disiplin dan kemandirian oleh orangtuanya.

"Kalau anak ditinggal tapi terlalu nempel dengan asistennya sama saja bohong, jadi nggak mandiri juga. Kalau ibu di rumah terus juga jangan sampai kedekatan ibu dan anak terlalu nempel sehingga anak tidak bisa mandiri," ujar wanita yang khas dengan rambut bob dan kacamatanya ini.

Bagi ibu bekerja, Romi menyarankan untuk tidak langsung bertemu dengan anak begitu sampai di rumah setelah bekerja. Stres dan lelah bisa memicu orangtua jadi lebih mudah tersulut emosi sehingga bukannya senang, justru terjadi ketegangan. "Energi sudah dipakai di luar sampai di rumah ibu atau bapak juga harus charge batere dulu supaya mendekati anak tak langsung naik (emosinya) sampai ubun-ubun," terang Romi.

Sedangkan untuk ibu di rumah, perlu berlatih untuk mengendalikan emosi dalam mengasuh anak. Hal ini penting agar stimulasi yang diberikan tepat dan berguna bagi perkembangan si buah hati. "Ibu yang di rumah kalau dia nggak happy dan marah-marah terus juga tidak memberikan stimulasi yang bagus untuk anak," tutupnya.