Selain mudah dicerna, buah pisang konon dapat membantu penderita penyakit ambeien untuk BAB (Buang Air Besar). Memang bukan sebagai obat primer untuk kesembuhan ambeien, namun buah yang lunak ini dapat menjadi fungsional food untuk memperlancar pencernaan dalam tubuh.

"Pisang banyak mengandung enzim yang berguna untuk memperlancar pencernaan dalam tubuh, maka tak heran bila membantu kita saat BAB," kata Dosen bagian gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Sri Sumarmi saat dihubungi detiksurabaya.com, Selasa (10/5/2011).

Terutama untuk penderita ambeien, kata dia, pisang cukup membantu memperlancar proses BAB. Penyakit yang diakibatkan oleh pembesaran pembuluh darah di sekitar anus ini memang cukup mengganggu pergerakan penderita. Bahkan, untuk jongkok saja, penderita ambeien mengalami kesakitan di daerah anus.

"Ketika buang air besar, penderita ambeien sering kali kesakitan saat membuat tekanan yang lebih besar. Dengan mengkonsumsi pisang, proses BAB akan lebih lancar karena enzim dalam pisang juga membantu memperlicin prosesnya," terangnya.

Terutama pisang dapat dikonsumsi saat pagi hari. Segala jenis pisang dapat dikonsumsi, namun, jenis Pisang Ambon dipercaya dapat lebih memberikan efek licin yang maksimal.

"Biasanya kan orang BAB saat pagi hari. Bila BAB lancar, maka penderita ambeien dapat lebih menjaga pembuluh darahnya tidak pecah," pungkasnya.