Ibu hamil harus makan dan minum lebih banyak dari pada saat tidak hamil. Untuk mencegah kurang darah selama hamil ibu harus banyak makan makanan sumber zat besi, seperti sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah dan kacang-kacangan lainnya, telur, ikan, dan daging.

Minumlah susu ibu hamil dua gelas sehari secara teratur. Untuk mencegah gigi rontok dan tulang rapuh, ibu hamil harus banyak makan-makanan sumber zat kapur, seperti: kacang-kacangan, telur, ikan teri / ikan kecil yang dimakan bersama tulangnya, sayuran daun hijau.

Kenalilah gejala kurang darah (anemia) selama masa kehamilan, yaitu: pucat, pusing, lemah dan penglihatan berkunang-kunang. Selama hamil, makanlah beraneka ragam makanan dalam jumlah yang cukup. Bila nafsu makan ibu kurang, makanlah makanan yang segar-segar, seperti : buah-buahan, sari buah, sayur bening, dsb

Hindari pantangan terhadap makanan, karena akan merugikan kesehatan ibu. Hindari merokok dan minum-minuman keras karena akan membahayakan keselamatan ibu dan janin. Jangan lupa memeriksakan diri kepada bidan atau Puskesmas secara teratur, agar ibu dan kandungannya tetap sehat.