KapanLagi.com - Sebuah berita mengejutkan datang dari Daily Mail beberapa hari lalu. Ulasan yang ada menyebutkan bahwa seorang batita terancam buta akibat infeksi akibat kontak dengan kotoran anjing. Batita malang tersebut bernama Amiee Langdon. Terjatuh saat sedang asyik main di taman umum Platt Fields Park (Fallowfield), tangan batita 2 tahun ini tak sengaja menyentuh kotoran anjing. Belum sempat ditolong sang ibu, Aimee keburu mengusap salah satu matanya dengan tangan yang kotor tersebut.

Suzanne sang ibu yang berprofesi sebagai suster dengan sigap membersihkan mata Amiee dan membawanya pulang untuk tindakan Lebih lanjut, membersihkan Aimee dari kuman dengan air hangat. Namun, usaha Suzanne tak membuahkan hasil. Keesokan harinya, area sekitar mata batita pirang ini berubah warna jadi ungu dan meradang. Hasil tes di RS menyebutkan bahwa infeksi yang dialami Aimee telah menyebar ke otak. Para dokter mengatakan bahwa jika mereka tak bisa menghentikan penyebaran dengan antibiotik, maka mereka terpaksa mengangkat salah satu bola mata Aimee.

Aimee didiagnosa mengalami toxocariasis (penyakit cacingan dari cacing ascarida - genus Toxocara), disebabkan cacing parasit yang ada dalam kotoran anjing (dan kucing). Tes RS mengatakan bahwa toxocariasis tak hanya bisa menyebabkan kebutaan, namun juga kematian jika terlambat ditangani (lebih dari 72 jam).

Belajar dari kasus Aimee di atas, ada baiknya ibu berhati-hati dalam mengawasi buah hati, terutama saat sedang bermain. Memelihara hewan kesayangan sah-sah saja, selama anak selalu ada dalam pengawasan ketat. Jangan sampai kasus Aimee menimpa buah hati. Be careful! (wo/meg)