ada minggu ketujuh di trimester pertama, sistem syaraf pada embrio berkembang semakin baik.



Terbentuk otak dengan sepuluh pasang urat syaraf dan lima area yang terdiri dari sel-sel khusus. Urat syaraf juga terlihat pada otot-otot yang baru terbentuk. Demikian pula halnya sel lemak juga mulai muncul. Sistem peredaran darah terus berkembang. Pipa jantung janin terbagi menjadi dua bilik yang berbeda.

Cekungan yang menandai mata dan lubang hidung pada wajah tampak semakin dalam. Kuncup tangan dan kaki juga mulai berkembang. Pada akhir minggu ketujuh ini anggota-anggota tubuh yang berbentuk seperti kayuh muncul pada ujung tungkai, yang menjadi cikal bakal dari tangan dan kaki. Embrio berbentuk seperti udang yang melengkung seperti huruf C, dengan ekor yang menyembul di salah satu ujungnya dan kepala yang besar di ujung lainnya. Saat ini ukuran janin berkisar antara 0,64 cm hingga 0,85 cm.

Pada minggu kedelapan, bentuk mulut dan hidung semakin jelas. Bibir atas juga muncul. Tiga bagian telinga (luar, tengah, dan dalam) juga muncul. Dagu mulai bertulang. Rangka tubuh terbentuk. Sebagian besar terdiri dari tulang rawan, jaringan yang lentur dan agak transparan merupakan cikal bakal tulang yang sesungguhnya. Kedua lengan agak menekuk pada agian yang menjadi siku. Selain itu muncul juga selaput dan jari kaki dan jari tangan. Otot dan jantung yang berbilik juga terus menerus berkembang. Hati semakin sempurna sehingga dapat mulai memproduksi sel darah. Pembuluh tenggorok dan dua kuncup paru-paru-pun mulai terbentuk. Ekor pada fetus mengecil dibandingkan dengan seminggu yang lalu dan lambat laun akan menghilang bebrapa minggu ke depan.

Pada minggu ini, janin berkembang hampir dua kali lebih besar dibandingkan minggu lalu. Kini janin berukuran kurang dari 1,3 cm.